page hit counter
Bank NTB Syariah Komitmen Bantu UMKM Melalui Pinjaman Khusus

Bank NTB Syariah Komitmen Bantu UMKM Melalui Pinjaman Khusus

Berita Mataram – Akibat dari pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah membawa dampak bagi perekonomian di seluruh Indonesia hingga dunia. Hal ini membuat banyak usaha harus memilih untuk tidak beroperasi bahkan banyak juga yang harus gulung tikar akibat tidak mampu membayar operasional karena tidak adanya pemasukan.

Bank NTB Syariah, sebagai bank daerah tergerak untuk melakukan upaya guna menggerakkan perekonomian khususnya pada usaha-usaha jenis UMKM di Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui peluncuran skema pembiayaan khusus. Saat ini Bank NTB Syariah meluncurkan dua pembiayaan skema khusus yaitu skema pembiayaan dengan pemberian grace period dan skema pembiayaan khusus kontraktor.

Direktur Utama Bank NTB Syariah, H. Kukuh Rahardjo menjelaskan bahwa pihaknya telah meluncurkan dua pembiayaan skema khusus. Skema pertama yaitu pemberian grace period, maksudnya adalah penundaan pokok dan kapitalisasi margin dalam satu tahun dan angsuran mulai dibayarkan mulai tahun kedua hingga akhir masa pinjaman.

Skema berikutnya yaitu pembiayaan khusus kontraktor. Skema ini berlaku bagi segala jenis usaha yang menjalankan proyek pengadaan barang dan jasa dari Pemerintah Provinsi berupa penyesuaian sinking fund hanya sebesar 10% dari nilai pembiayaan.

Dalam pembiayaan skema khusus ini, Bank NTB Syariah mengkhususkan beberapa cluster usaha yang terdampak oleh pandemi Covid-19 tapi masih memiliki produk-produk yang dibutuhkan oleh masyarakat banyak. Kukuh juga menjelaskan tentang potensi pengembangan ekonomi NTB yang dibagi menjadi tiga cluster utama yaitu Pariwisata, Pertanian dan Industri.

Mengenai persyaratan, Kukuh memberi penjelasan bahwa seluruh UMKM dapat mengajukan permohonan pinjaman selama memenuhi persyaratan umum yang sama dengan persyaratan pada saat mengajukan pinjaman di bank. Selain itu, ia juga menegaskan bahwa pihaknya tetap akan melakukan seleksi kepada UMKM yang mengajukan pinjaman.

CATEGORIES
TAGS
Share This