page hit counter
Apa Itu Teknologi 5G

Apa Itu Teknologi 5G

Apa artinya 5G? Sederhananya, 5G adalah kependekan dari “generasi ke-5”. Generasi baru teknologi jaringan seluler siap melangkah lebih jauh dari yang bisa dibayangkan pendahulunya. Teknologi 5G berjanji untuk mengubah tahun 2020-an menjadi waktu konektivitas dan kemajuan teknologi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dengan kapasitas dan kecepatan yang lebih tinggi, ditambah latensi rendah, 5G akan mendukung inovasi yang tidak mungkin dilakukan di bawah standar 4G LTE.

5G saat ini berada dalam fase penerapan paling awal, dengan operator meluncurkan ketersediaan 5G terbatas hingga 2020 dan ketersediaan yang lebih luas pada akhir 2021. Peningkatan kapasitas jaringan seluler dan latensi rendah dari 5G akan memungkinkan aplikasi baru, dari pabrik dan kota pintar berkemampuan 5G hingga perangkat medis yang selalu terhubung. 5G mewakili pertama kalinya jaringan nirkabel dibuat dengan lebih dari sekadar ponsel, dengan edge computing dan Internet of Things (IoT) menjadi vital bagi 5G sejak awal.

Bagaimana cara kerja 5G?

Keempat generasi jaringan seluler sebelumnya menggunakan menara sel makro, setinggi ratusan kaki, membutuhkan pengeluaran daya yang besar untuk mengirimkan jarak jauh.

5G bekerja sedikit berbeda.  Jaringan seluler yang ditingkatkan ini menggunakan kombinasi frekuensi dari beberapa band untuk memaksimalkan throughput.  Selain menara sel makro tradisional, 5G juga akan menggunakan sejumlah besar sel mikro yang jauh lebih kecil untuk pita spektrum gelombang milimeter baru guna menciptakan selimut cakupan jaringan berkecepatan sangat tinggi.

Manfaat Teknologi 5G

Bagi banyak pengguna akhir, peningkatan 5G adalah tentang kecepatan.  Dengan prediksi kecepatan 5G hingga 10 Gbps, jaringan baru akan menjadi 100x lebih cepat dari pendahulunya

Untuk kasus penggunaan industri, pertanian, dan komersial, manfaat terbesar dari 5G adalah kapasitasnya yang tinggi dan kelambatan yang minimal.  Dengan hingga 5x bandwidth yang tersedia dengan 4G, 2 5G akan memunculkan metode produksi dan distribusi baru.  Tes awal juga menunjukkan bahwa 5G dapat memotong setengah latensi jaringan

Kasus Penggunaan 5G

Kekuatan transformatif 5G akan menyentuh hampir setiap industri.  Kasus penggunaan 5G yang menarik telah diidentifikasi antara lain di industri perawatan kesehatan, pertanian, ritel, transportasi, logistik, dan manufaktur.

Aplikasi 5G Di Bidang Media dan Hiburan

Ketersediaan broadband memungkinkan untuk memindahkan film, TV, dan game ke cloud.  Sekarang, 5G berjanji untuk menghadirkan pengalaman media yang lebih kaya ke layar mana pun, di mana pun.  Pengguna akhir akan dapat menikmati streaming video yang lancar dalam 4K, pengalaman virtual reality (VR) yang imersif, dan gameplay yang sangat responsif pada perangkat yang terhubung ke jaringan 5G, yang mengarah pada peluang pendapatan yang lebih besar bagi pembuat konten, penyedia layanan cloud, dan penyedia layanan komunikasi.

Aplikasi 5G Di Bidang Manufaktur

Konvergensi 5G dengan AI dan intelligent edge akan merevolusi lantai pabrik dengan cara yang belum pernah terlihat sebelumnya.  Rantai pasokan, manajemen inventaris, dan proses jaminan kualitas, ditambah dengan IoT dan komputasi edge, akan meningkatkan tingkat otomatisasi dan mengurangi biaya unit.

Aplikasi 5G Di Bidang Ritel

Toko tradisional menghadapi perjuangan berat untuk mempertahankan pelanggan karena serangan ritel online.  Dengan 5G, toko masa depan akan memberdayakan pengalaman pelanggan omnichannel baru. Mengambil kasir dari transaksi ritel.  Dengan menggunakan kamera berkemampuan AI dengan latensi rendah, Toki akan dapat menciptakan pengalaman pembayaran otomatis yang sesederhana berjalan keluar toko dengan keranjang penuh.

Aplikasi 5G Di Bidang Kesehatan

Untuk dokter dan pasien, 5G mewakili garis depan perawatan yang baru.  Bayangkan pompa insulin yang dapat dikenakan yang menggunakan AI untuk memberikan saran individual tentang manajemen diabetes kepada ahli endokrin pasien atau defibrilator implan cerdas yang secara otomatis dan aman memulai ulang jantung yang berhenti dan langsung memberi tahu ahli jantung pasien dengan informasi tentang insiden tersebut.

Dengan kapasitas dan kecepatan yang lebih tinggi, ditambah latensi yang lebih rendah, 5G akan mendukung inovasi yang tidak mungkin dilakukan di bawah standar 4G LTE.

Ketersediaan 5G

Pada tahap awal peluncuran 5G hari ini, penerapan dibatasi dalam cakupannya dan lokasinya ditentukan oleh masing-masing operator.  Di Amerika Serikat, keempat penyedia layanan komunikasi nirkabel utama memiliki penerapan 5G awal di beberapa kota.  Meskipun sebagian besar peluncuran melibatkan perangkat seluler, beberapa di antaranya hanya nirkabel tetap yaitu, 5G yang berfungsi untuk titik tetap, seperti akses internet rumah.  Selain Amerika, penyedia telah mulai menerapkan 5G di negara-negara termasuk China, Korea Selatan, Jerman, dan Swiss.

Meskipun lokasi tertentu memiliki cakupan 5G, penerapan hari ini hanyalah awal dari peluncuran di seluruh kota.  Analis industri menunjukkan bahwa penyebaran massal 5G, dalam skala yang membawanya ke basis pengguna yang luas baik konsumen dan bisnis, kemungkinan akan dimulai sekitar tahun 2021.

Masa depan 5G tidak hanya bergantung pada peluncuran operator tetapi juga ketersediaan perangkat.  Dari ponsel hingga sensor kota pintar, ketersediaan perangkat yang lebih luas yang dikembangkan dengan mempertimbangkan 5G diharapkan akan diluncurkan pada tahun 2020 atau 2021, dengan gencarnya pengalaman berkemampuan 5G dimulai pada tahun 2022 karena produk-produk baru diciptakan untuk memenuhi permintaan yang muncul dari 5G.

Produk dan Solusi 5G

Pengalaman 5G hanya mampu seperti jaringan yang mendukungnya.  Sebagai pemimpin komputasi dalam solusi jaringan, Perusahaan IT adalah bagian dasar dari peluncuran 5G global, sama seperti teknologi yang menjadi tulang punggung komputasi awan.  Transformasi jaringan bergantung pada ekosistem teknologi yang luas, dengan teknologi komputasi tertanam ke dalam jalinan jaringan 5G di setiap level.

Banyak perusahaan IT berpartisipasi dalam lebih dari 300 grup standar di seluruh dunia dan telah memberikan penelitian dan panduan untuk standar 5G sejak awal.  Karena 5G bergantung pada penggunaan spektrum di banyak pita, mereka juga aktif menganjurkan ketersediaan spektrum untuk layanan 5G dengan kelompok dan pemerintah di seluruh dunia.

Solusi 5G masa depan bergantung pada teknologi komputasi penskalaan untuk mengakomodasi throughput yang sangat diperluas.  Dengan kinerja yang dioptimalkan untuk beban kerja yang dapat diskalakan menawarkan kemajuan revolusioner yang mampu memenuhi kebutuhan intensif data jaringan 5G.

5G Dan Teknologi Masa Depan

Peluncuran 5G di tahun ini mewakili awal dari perubahan besar pada cara konsumen dan bisnis menggunakan jaringan nirkabel.  Dengan menghubungkan perangkat ke cloud lebih cepat, dengan lebih sedikit jeda dari sebelumnya, 5G akan secara dramatis memperluas jangkauan IoT.  5G dan IoT akan bekerja sama untuk memungkinkan lebih banyak perangkat terhubung yang mengotomatiskan lebih banyak proses bisnis.

Aplikasi yang kuat diharapkan muncul saat edge computing, IoT, dan 5G bertemu.  Kasus penggunaan baru yang revolusioner akan mencakup belanja real-time yang dipersonalisasi, media imersif yang seperti aslinya, augmented reality, dan robotika otomatis.

Di era 5G, teknologi akan berkumpul untuk memungkinkan smart edge, IoT, dan AI, bekerja sama untuk menyenangkan konsumen, merampingkan operasi bisnis, dan menggunakan data dalam skala besar secara lebih efektif.  Dengan teknologi yang ditanamkan di setiap level ekosistem 5G, Perusahaan teknologi memimpin jalan untuk memanfaatkan kekuatan transformatif penuh dari standar 5G yang baru.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS