page hit counter
Apa Itu Mobil Listrik?

Apa Itu Mobil Listrik?

Saat ini industri mobil listrik sudah semakin berkembang hampir di seluruh dunia, tak terkecuali dengan Indonesia. Diestimasikan sejak tahun 2019 hingga tahun 2025 mendatang mobil listrik akan semakin mengalami peningkatan dari 8 juta hingga 50 juta. Dan saat ini banyak perusahaan mobil berlomba-lomba untuk menjual mobil listrik.

Di Indonesia sendiri, mobil listrik sudah ada  beberapa jenisnya, dan sudah dapat Anda  dapatkan di beberapa dealer di Indonesia. Berikut adalah beberapa jenis mobil listrik yang ada di Indonesia saat ini:

1. Hybrid Electric Vehicle

Mobil listrik hybrid ini merupakan mobil yang menggunakan dua sistem elemen dalam menggerakan tenaga mobil. Mobil ini mengandalkan baterai pada motor listrik dan juga menggunakan bahan bakar. 

Jika energi pada mobil habis, Anda dapat mengisi ulang daya listrik tersebut menggunakan bahan bakar seperti mobil pada umumnya. Mobil ini sangat membuat pengendara menjadi lebih hemat energi.

Mobil hybrid ini juga saling berbagi tugas yaitu sistem penggerak menggunakan energi dari bahan bakar sedangkan daya baterai digunakan untuk memasok energi fungsi skunder seperti audio, AC, dan yang lainnya.

Toyota Prius

2. Plug in Hybrid Electric Vehicle

Selain mobil hybrid electric, ada juga plug in hybrid electric vehicle. Jika dilihat mobil listrik ini hampir mirip tetapi ada satu hal yang membuat kedua mobil ini berbeda, Hybrid electric vehicle ketika baterai habis maka pengisiannya menggunakan daya bahan bakar. Sementara Plug in Hybrid Electric Vehicle ketika baterai habis, Anda dapat melakukan isi ulang seperti mobil Battery Electric Vehicle.

Mistubishi Outlander

3. Fuel Cell Electric Vehicle

Mobil listrik yang satu ini berbeda dibandingkan dengan yang lain, kendaraan ini mengandalkan teknologi fuel-cell yaitu mobil dengan zero emisssion, mobil listrik ini menggunakan fuel-cell untuk menghasilakn listrik dan digunakan juga sebagai tenaga untuk mengaktifkan motor agar mobil bisa  berjalan.  Mobil fuel cell electric vehicle juga memiliki sistem khusus yang bisa membuat energi kimia ada fuel-cell menjadi energi listrik. Jadi pada intinya adalah mobil jenis ini dapat menghasilkan listrik sendiri untuk menjalankan kendaraan.

Tesla

Jadi apakah yang membuat mobil listrik saat ini menjadi diminati?

Mobil listrik tidak memiliki mesin, radiator dan juga karburator. Mobil listrik menggunakan daya baterai untuk menjalankan mobil. Baterai isi ulang tersebut biasanya terletak dibawah lantai mobil itu sendiri. Mobil listrik juga dapat dinyatakan batasnya melalui kilowatt-jam. Walaupun mobil listrik memiliki fungsi yang berbeda dari mobil pada umumnya, tapi mereka memiliki seperangkat sistem yang serupa. Selain itu mobil listrik juga dari segi biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan mobil pada umumnya, tanpa biaya perawatan hingga lebih irit dibandingkan mobil bensin.

Mengikuti perkembangan terbaru dari dunia otomotif, tentunya Carsome menyuguhkan pilihan mobil listrik untuk Anda.

 

Saat ini Carsome sudah menyediakan Hyundai Kona tahun 2021 dengan kilometer yang rendah serta dilengkapi garansi resmi dari Hyundai. 

Klik di sini

Tunggu apa lagi? Dapatkan mobil listrik Impian Anda di Carsome.id dengan kualitas terbaik dan harga menarik! Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Customer Service kami di (021) 5020 2030 atau kunjungi Carsome Experience Center terdekat.

 

The post Apa Itu Mobil Listrik? appeared first on Carsome Indonesia.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS