page hit counter

Apa Itu Harga OTR dan Pertimbangan Memilih Kredit Mobil

OTR adalah singkatan dari On The Road dan Off The Road. Istilah ini biasanya muncul dalam proses perhitungan kredit saat Anda ingin membeli mobil. Maka dari itu saat sedang melihat harga mobil, Anda wajib untuk melihat ketentuan harga OTR mobil dan wilayahnya.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan lokasi dan wilayah. OTR biasanya adalah penamaan dalam sistem kredit mobil. Tidak hanya membeli mobil baru saja, saat ini Andapun juga dapat membeli mobil bekas dengan kredit

Sebelum melakukan pembelian mobil dengan kredit, periksa juga terlebih dahulu mobil bekas yang hendak Anda pilih. Lakukan beberapa inspeksi terhadap mesin mobil yang hendak Anda pilih. Selain melihat kualitas mobil, perhatikan juga unsur-unsur pentinga dalam proses pengkreditan mobil. Kalau begitu, yuk simak lebih detail apa itu OTR dan unsur penting apa saja yang ada di dalamnya !  

On The Road vs Off The Road

 

otr-adalah


Harga Mobil

OTR adalah istilah yang menunjukkan harga mobil. On the road adalah harga mobil yang sudah dibebankan dengan pajak wilayah. Sedangkan, Off the road adalah harga mobil yang belum dikenakan biaya pajak dan pengurusan berkas mobil. Nah, jika demikian otomatis Off The Road biaya mobil menjadi lebih murah dibandingkan biaya On The Road mobil. 

Dokumen 

Jika Anda membeli mobil, biasanya setiap dealer akan menginfokan harga On the Road dan Off the Road. Jika tertarik untuk membeli secara Off the Road ada berbagai dokumen yang wajib Anda urus di kemudian hari seperti Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan pajak kendaraan. 

Mengapa Harga Mobil Berbeda-beda di Setiap Daerah?

harga-otr-mobil-kredit

Perbedaan Pajak BBNKB Setiap Daerah

Pada umumnnya setiap daerah memiliki BBNKB ((Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) berbeda. Persebaran biaya beacukai biasanya 10% pada pembelian mobil baru. Namun, untuk BBNKB kedua yang membeli kendaraan bekas akan dikenakan tarif 1%. Ini kembali lagi bergantung pada kebijakan wilayah dan provinsi setempat. Ada beberapa daerah yang 15%, 12,5% hingga 10%. Sehingga, setiap Anda menerima harga jual mobil, pastikan untuk bertanya lebih dahulu. 

Distribusi Pengiriman 

Setiap Agen Pemegang Merek (APM) pada umumnya memiliki basis produksi tersendiri yang umumnya berada di area Jawa Barat atau Jakarta. Jadi jika wilayah Anda jauh dari tempat produksi, maka bisa jadi lokasi pengiriman menjadi faktor harga mobil berbeda.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Kredit Mobil 

 

otr-mobil-bekas-berkualitas

1. Lama Masa Cicilan 

Cara membeli mobil bekas dengan kredit memang tergolong cukup sulit saat ini. Namun, Anda tetap bisa melakukannya dengan prosedur yang benar dan tepat. Carsome sarankan untuk memperhatikan kebutuhan dan kesanggupan finansial Anda. Jika ingin menggunakan lembaga pembiayaan atau leasing, maka Anda memastikan memilih bunga kredit yang rendah. 

Jika mengambil kredit dari Bank, maka Anda wajib melalui proses yang cukup rumit untuk memastikan tracing data keuangan Anda tergolong sehat dan stabil. Adapun keuntungan, Anda bisa membayar hutang pokok sewaktu-waktu jika Anda sudah punya modal yang terkumpul. Berbeda dengan leasing, Anda tidak bisa melakukannya. 

2. Tenor 

Tenor adalah jangka waktu masa pinjaman yang ditentukan dalam bulan atau tahun untuk Anda mencicil mobil. Pada umumnya tenor yang diberikan pada pencicilan mobil bekas akan lebih singakt dibandingkan saat Anda membeli mobil baru. 

3. Plafon Kredit 

Plafon kredit adalah jumlah utang yang harus dibayarkan oleh peminjam. Biasanya untuk mendapatkan biaya plafon kredit, Anda wajib mengurangi harga OTR dengan uang muka yang dibayarkan. 

4. Harga Total yang Harus Dibayarkan 

Perhatikan biaya cicilan yang harus dibayarkan pada akhirnya, biasanya pihak bank atau leasing akan mengambil bunga sebesar 20% dari harga jualnya. Jadi, jangan sampai Anda merasa terlena dengan cicilan mobil kecil yang Anda bayarkan setiap bulannya. 

5. Lakukan Perbandingan 

Selalu melakukan perbandingan dengan berbagai perusahaan pembiayaan atau leasing dan Bank yang menawarkan. Perhatikan komponen diatas seperti biaya angsuran, DP, tenor, hingga bunga yang ditawarkan. 

Itu dia penjelasan mengenai apa itu OTR dan saran dari Carsome saat Anda hendak melakukan pembelian mobil bekas. Simak berbagai informasi dari Carsome tentang tips membeli mobil bekas

Pilih mobil bekas berkualitas Anda di website Carsome sekarang! Carsome adalah platform jual beli mobil terpercaya yang ada di Asia Tenggara. Carsome Promise adalah portal e-commerce mobil yang terintegrasi dan terbesar dengan garansi 1 tahun, 175 titik inspeksi, bebas bankir, kerusakan besar, dan garansi uang kembali dalam 5 hari ketika Anda membeli mobil dari Carsome! 

Baca juga: Jenis Asuransi Mobil, Syarat dan Cara Klaim Asuransi All Risk!

The post Apa Itu Harga OTR dan Pertimbangan Memilih Kredit Mobil appeared first on Carsome Indonesia.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS