page hit counter
Angin Segar Bagi Pelaku UMKM dan Koperasi, K-UMKM & EKRAF PB HMI Bocorkan Nama-Nama Narasumber yang akan Diajak Diskusi Virtual.

Angin Segar Bagi Pelaku UMKM dan Koperasi, K-UMKM & EKRAF PB HMI Bocorkan Nama-Nama Narasumber yang akan Diajak Diskusi Virtual.

Jakarta, Warta Mataram – Covid-19 berdampak ke segala sektor, salah satunya sektor ekonomi. Hal ini sangat dirasakan secara signifikan oleh para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan jalannya kegiatan usaha operasional koperasi.

Dampak dengan adanya wabah virus covid-19 ini adalah dimulai dari penjualan semakin menurun, permodalan, pesanan menurun, kesulitan bahan baku, hingga kredit macet.

Oleh karena itu, pembinaan dan bantuan untuk pelaku UMKM dan koperasi di masa pandemi perlu menjadi perhatian banyak sektor, terutama lembaga pemerintah.

Saat ditemui di Cafe REBUSTA KOPI, Jakarta Selatan, Nasrul selaku ketua Bidang Kewirausahaan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Ekonomi Kreatif (K-UMKM & Ekraf) PB HMI menyampaikan bahwa, kondisi para pelaku UMKM dan Koperasi hari ini sangat kompleks, dari kebijakan pemerintah yang belum tersampaikan dengan baik kepada para pelaku usaha dan koperasi hingga kelengkapan administrasi dan pembukuan dari UMKM sendiri yang belum dilengkapi.

Bank Indonesia (BI)  dalam surveynya menyebutkan sebanyak 87,5 % Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terdampak akibat pandemi. Dari jumlah ini sekitar 93,2 % diantaranya terdampak negatif di sisi penjualan. Selebihnya, 12,5 % responden tidak terkena dampak ekonomi dari pandemi. Bahkan, 27,6 % diantaranya menunjukkan peningkatan penjualan.

Berbicara koperasi pasti dalam benak kita teringat Bung Hatta karena berkat perannya dalam memajukan koperasi di Indonesia, Bung  Hatta juga banyak memberikan ceramah serta menulis berbagai karangan buku-buku ilmiah tentang ekonomi dan koperasi, sehingga dirinya diberikan gelar sebagai “Bapak Koperasi” oleh Nitisoemantri yang waktu itu menjabat sebagai Ketua Kongres Gerakan Koperasi Indonesia (Gerkopin) Pertama di tahun 1947.

“Untuk menjawab permasalahan itu semua, kita harapkan kepada seluruh, khususnya para pelaku UMKM dan Koperasi, untuk dapat bergabung di kegiatan diskusi dengan para ahli di bidangnya. Hari ini (31 Agustus 2021) tepatnya pukul 19.30 WIB, kami mengundang kader HMI se-Indonesia khusunya yang memiliki usaha untuk dapat bergabung mengikuti diskusi bersama orang-orang yang kompeten di bidangnya,” ugkap Nasrul.

Dalam kesempatan tersebut Nasrul juga membocorkan profil dari narasumber yang akan dilaksanakan nanti malam tersebut.

  • Deputi Bidang perkoperasian Kemeterian Koperasi dan UKM RI: Ahmad Zabadi
  • Ketua AKSES dan CEO INKUR Federation: Suroto
  • Direktur Eksekutif Nusantara Center: Yudhie Haryono

“Kami berharap para pelaku UMKM dan koperasi ini dapat menjawab tantangan di masa pandemi bahkan pasca pandemi dengan bergabung di link ini, Join Zoom Meeting:

https://us02web.zoom.us/j/83970706096?pwd=MlUzUVY1K1lmeHJoKytZZWJ2ZWcyUT09

Meeting ID: 839 7070 6096

Passcode: bunghatta” tandas Nasrul. Jurnalis (RAWM)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS