page hit counter
Alot dan Menegangkan, Sumiati Nahkodai Forum Alumni HMI-Wati (Forhati)

Alot dan Menegangkan, Sumiati Nahkodai Forum Alumni HMI-Wati (Forhati)

Warta Martaram, Sumbawa Barat- sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) KAHMI, BAB IX FORHATI Pasal 18 yang berbunyi:

  1. Forhati adalah wadah berhimpunnya alumni HMI-Wati, yang dinamakan Forum Alumni HMI-Wati atau disingkat FORHATI .
  2. Forhati adalah lembaga yang dibentuk oleh KAHMI sebagai wadah berhimpun alumni HMI-Wati dan bagian yang tidak terpisahkan dari KAHMI.
  3. Tugas dan Fungsi Forhati adalah sebagai wadah untuk mengembangkan potensi dan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh alumni HMI-Wati dalam rangka tercapainya tujuan KAHMI.
  4. Ketentuan yang mengatur tentang Forhati diatur lebih lanjut dalam Pedoman Forhati.

Atas dasar tersebut, Ketua Kahmi Sumbawa Barat, Nurul Jihad Ismail, S.Ag., M.Pd., meminta kepada alumni HMI, khsusunya perempuan, untuk segera melaksanakan dan membentuk kepanitian pemilihan Musyawarah ke I Forum Alumni HMI-Wati (Forhati) dalam minggu ini. Sabtu (21/8)

“Kami mendapatkan intruksi langsung dari ketua KAHMI Sumbawa Barat bahwa salah satu pengajuan berkas untuk melengkapi struktur kepengurusan KAHMI cabang Sumbawa Barat adalah segera pemilihan Ketua Forhati“ ucap Nita salah satu panitia pemilihan.

Dalam pemilihan tersebut, ada enam panitia yang terlibat untuk menyukseskan pemilihan ketua Forhati,  diantaranya Nita Selfianti, Selvi Marfigara, Sumiati, Ovi Gunarti Utami, Mutya Gustina, Masriani, dan dua belas peserta.

Setelah pemilihan berlangsung cukup alot, terpilihlah saudari Sumiati yang juga sebelumnya pernah menjabat sebagai Ketua Umum Kohati HMI cabang Sumbawa Barat periode 2011-2012.

Foto Peserta Musyawarah ke-I Forhati Sumbawa Barat

“Ada tiga kandidat yaitu Yeni Silatang, Sumiati, dan Ovi Gunarti Utami. Setelah mendapatkan 8 suara mengungguli tiga kandidat top lainnya, akhirnya saudari Sumiati terpilih menjadi ketua Forhati periode 2021-2026.”

Dikutip dari media www.arkifm.com, Sumiati memang bukan orang baru dalam geraka keperempuanan di Sumbawa Barat. Selain berwawasan luas, perempuan ramah itu juga dikenal sebagai salah satu tokoh penggerak perempuan dalam membentuk kemandirian secara ekonomi. Hal itu ia tunjukkan dengan fokus menggerakkan sektor UMKM, melalui Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang dirintisnya bersama alumni HMI-Wati lainnya.

Saat dihubungi oleh media ini, Sumiati memberikan keterangan secara tertulis bahwa dirinya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Ia mengaku awalnya tidak menyangkan amanah itu diberikan kepadanya, mengingat banyaknya alumni HMI-Wati yang dikenal hebat dan sukses mengisi ruang-ruang strategis di daerah.

“Kita harus akui banyak alumni HMI yang punya pemikiran dan aksi yang produktif. Namun, lagi-lagi kita harus ingat bahwa organisasi adalah kerja tim, yang barang tentu semuanya akan mengambil peranannya masing masing. Visinya harus seirama, yaitu bagaimana eksistensi Forhati memperjuangkan perempuan dalam segala lini kehidupan,” terang Sumiati.

Perjuangan Forhati, kata Sumiati, bukan hanya sinergi jaringan kerjasama, serta eksistensi menyikapi persoalan perempuan saja. Namun yang tidak kalah pentingnya juga adalah bagaimana penguatan kualitas SDM Forhati yang dilandasi nilai-nilai Islam.

“Intinya banyak yang bisa kita kerjakan, dan ini butuh kerja tim yang solid dan efektif. Karena saya yakin dan percaya, kita bisa sama-sama tumbuh dan besar. Tentunya dengan saling merangkul satu dengan yang lainnya,” tandas perempuan yang juga bekerja di PKH Kemensos itu. Jurnalis (RAWM)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS