page hit counter

Akhirnya Kades Bukit Tinggi Lobar Bisa Tertawa Lepas

MATARAM-Kepala Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat (Lobar), Ahmad Muttakin senyum semringah. Dia sudah lepas dari status terdakwa. Itu setelah jaksa mengeksekusi putusan bebasnya berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA), Jumat (5/11).

Eksekusi pembebasannya dari kasus dugaan pemotongan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa itu disaksikan Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri (Kejari) Mataram I Wayan Suryawan.

”Ya, benar tadi eksekusi putusan bebas terhadap Ahmad Muttakin,” kata Kasi Intelijen Kejari Mataram Heru Sandika Triyana.

Sebelumya, Ahmad Muttakin ditangkap tim Subdit III Ditreskrimsus Polda NTB atas dugaan pungli dana BLT. Dia diduga memotong Rp 150 ribu dari 195 penerima BLT Covid-19 di empat dusun di desa tersebut. Total dia mendapatkan pemotongan Rp 53,8 juta.

Tetapi, dalam persidangan terungkap pemotongan itu sudah disepakati penerima. Para penerima yang dipotong dana BLT-nya tidak keberatan. Karena pemotongan itu diberikan kepada warga lain yang tidak mendapatkan BLT.

Dari perkara dan bukti yang dihadirkan di persidangan tidak menguatkan dakwaan jaksa penuntut umum (JPU). Sehingga Pengadilan Negeri Tipikor Mataram memvonis bebas Ahmad Muttakin.

Tak terima dengan putusan tersebut, JPU melayangkan kasasi. Namun hakim MA berpendapat sama dengan hakim PN Tipikor Mataram. MA menguatkan putusan PN Tipikor Mataram.

Heru mengatakan, dengan eksekusi pembebasan itu, tugas jaksa sudah tuntas. ”Sudah selesai perkara ini,” kata dia.

Sementara itu, penasihat hukum Ahmad Muttakin, Irpan Suryadiata mengatakan, dengan dilakukannya eksekusi tugasnya sudah tuntas. Semua bukti yang dihadirkan di persidangan untuk menyanggah dakwaan JPU dijadikan sebagai pertimbangan oleh hakim. ”Syukur semua sudah selesai. Nama baik klien saya ini harus dipulihkan. Begitu juga dengan jabatannya,” kata Irpan singkat. (arl/r1)

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS