page hit counter
Ajarkan Guru Manfaatkan KIT IPA untuk Penunjang Praktikum Alternatif

Ajarkan Guru Manfaatkan KIT IPA untuk Penunjang Praktikum Alternatif

SELONG—Guru diajak berinovasi mengatasi persoalan sarana dan prasana laboratorium yang terbatas. Sejumlah SMP di daerah memang masih terkendala belum lengkapnya peralatan laboratorium sebagai penunjang pembelajaran IPA.

Tim Pengabdian Politeknik Medica Farma Husada Mataram memberi solusi melalui workshop yang dilaksanakan, 16-17 Juni 2021 lalu.

Tim yang diketuai Hardani ini melaksanakan workshop yang bertujuan mengembangkan perangkat KIT IPA sebagai penunjang praktikum alternatif yang relatif lebih murah dan mudah. Diharapkan dengan pelatihan yang digelar di SMPN 3 Selong itu bisa mengatasi permasalahan keterbatasan sarana dan prasarana laboratorium.

”Tim pengabdian diketuai saya dari Politeknik Medica Farma Husada Mataram, beranggotakan M Imam Darmawan dari Universitas Hamzanwadi Selong dan Roushandy Asri Fardani dari Politeknik Medica Farma Husada Mataram. Bekerja sama dengan SMPN 3 Selong,” jelas Hardani.

Peserta kegiatan enam orang guru bidang IPA. Kegiatan pengabdian mengangkat tema ”Workshop Pengembangan Materi Ajar dengan Scientific Approach memanfaatkan KIT IPA”.

”Kegiatan diselenggarakan Politeknik Medica Farma Husada Mataram bekerja sama dengan SMPN 3 Selong dan didanai Kemendikbud Ristek,” katanya.

Hari pertama kegiatan diisi Baiq Aryani Novianti dari Universitas Hamzanwadi Selong dengan materi Pengembangan Materi Ajar dengan Scientific Approach memanfaatkan KIT IPA. Dilanjutkan materi Pengembangan Bahan Ajar dan KIT IPA (Kimia) pada hari kedua oleh Roushandy Asri Fardani dan Penulisan Buku Ajar disampaikan Hardani. Materi penutup tentang Pengembangan Bahan Ajar dan KIT IPA (Fisika) disampaikan M Imam Darmawan. (ida/r9/*)

 

 

 

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS