page hit counter
Ajaran Islam bikin aktor lawas ini jadi mualaf: Kok di Kristen gak gak ada seperti itu ya

Ajaran Islam bikin aktor lawas ini jadi mualaf: Kok di Kristen gak gak ada seperti itu ya

Risdo Matondang. Foto: YouTube

Aktor lawas 90-an, Risdo Matondang menjelaskan perbedaan hidup yang ia alami sejak memutuskan untuk pindah agama dari Kristen ke Islam. Salah satu perbedaan hidup yang dialami pemeran Gajah Mada dalam sinetron Tutur Tinular ini adalah ia lebih merasakan damai dalam hidupnya.

Saat masih menjadi seorang Nasrani, Risdo mengaku malu ketika hendak beribadah ke gereja. Kenapa? Simak ulasan berikut.

Aktor lawas mualaf

Risdo Matondang menemukan damai dalam Islam. Ia mengucapkan dua kalimat syahadat di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat saat usianya 28 tahun. Sebelumnya, Risdo merupakan seorang Kristen Protestan yang mengaku malu saat beribadah ke gereja.

“Sewaktu masih kafir itu saya merasa malu padahal setiap minggu ini, saya merasa malu kalau berangkat ke gereja. Padahal udah pakai pakaian yang paling rapih yang kita punya di rumah dengan membawa Alkitab, kidung agung semuanya berisi lagu-lagu. Tapi saya sebagai seorang Kristen saat itu saya merasa malu justru berangkat ke gereja, malunya itu karena ketemu sama teman-teman yang Muslim yang lagi nongkrong di pos,” kata Risdo Matondang melansir YouTube Islam Trending TV pada Senin (29/11/21).

Sinetron Tutur Tinular
Sinetron Tutur Tinular

Aktor asal Medan ini memutuskan untuk belajar ibadah salat lebih dulu sebelum akhirnya mengucap dua kalimat syhadat.

“Pada saat saya syahadat, ustaz yang ada di Masjid Sunda Kelapa itu tanya ‘kamu udah bisa salat?’ (Risdo) ‘udah ustaz, saya bisa empat rakaat, empat aja saya bisa apalagi dua sama tiga’, sebelum saya ingin menyatakan diri sebagai Islam, saya belajar salat dulu,” tuturnya.

Sejak mengimani Islam, Risdo Matondang merasa baru memiliki sebuah agama. “Pada saat saya datang ke ustaz untuk menyatakan Islam, sejak dari situ lah saya mulai salat. Perbedaannya apa ya, saya baru merasa punya agama, itu saja, bahwa ‘oh ternyata lebih nikmat ya menjalani ini ya’.”

Pindah dari Kristen ke Islam

Salah satu ajaran agama Islam yang membuat Risdo Matondang kagum adalah banyaknya imbalan yang ia dapatkan jika melakukan suatu kebaikan. Termasuk saat melangkah ke masjid.

“Saya datang ke masjid, yang saya baca setiap langkah itu mendapatkan pahala, kok di Kristen enggak ada seperti itu ya. Mau sejauh apapun gerejanya ya enggak ada imbalan apa-apa, kok Islam ini menawarkan imabalan imbalan, pemikiran saya saat itu ya. Saya ingat Allah saja udah mendapatkan imbalan. Baru niat baik saja udah ada imbalannya, begitu melakukan malah dilipatgandakan kan luar biasa,” ungkap Risdo.

Risdo Matondang. Foto: YouTube
Risdo Matondang. Foto: YouTube

Selain itu, Risdo juga merasa lebih tenang setelah menjadi seorang mualaf. Aktor pemeran Komedi Pasar Komplek itu tak memaksakan apa yang belum jadi miliknya.

“Lebih tenang aja, kalau enggak punya apa-apa dulu kan malu ketemu orang, kalau sekarang ‘kalau emang belum ditakdirkan Allah untuk memiliki apa-apa ya memang belum waktunya’,” pungkas Risdo Matondang.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS