page hit counter
Ada reuni 212, 1.980 prajurit Kodam Jaya siaga di Monas gelar taktik ini

Ada reuni 212, 1.980 prajurit Kodam Jaya siaga di Monas gelar taktik ini

Ribuan prajurit Kodam Jaya siaga di Monas antisipasi Reuni 212

Ribuan prajurit Kodam Jaya diterjunkan di Monas mengantisipasi rencana kegiatan Reuni Akbar 212. Pasukan Kodam Jata diterjunkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban khususnya di wilayah DKI Jakarta sebagai Ibukota Negara.

Nah dalam misi tersebut, Kodam Jaya menggelar apel untuk menyamakan persepsi serta memperjelas saat bertindak di lapangan sehingga digelar TFG (Tactical Floor Game). Apel dipimpin Asops Kasdam Jaya Kolonel Inf Dody Try Winarto, bertempat di Kawasan Monas Jakarta Pusat, Rabu 1 Desember 2021.

Ribuan Prajurit Kodam Jaya amankan reuni 212

Dalam Apel kesiapan pasukan tersebut, Kodam Jaya menerjunkan sejumlah 1.980 personel TNI, hal ini bertujuan untuk mencegah atau mengantisipasi terjadinya potensi kerawanan massa sebagai dampak bila diadakannya peringatan Reuni Akbar 212.

Ribuan prajurit Kodam Jaya apel antisipasi Reuni 212 di Monas dan Patung Kuda
Ribuan prajurit Kodam Jaya apel antisipasi Reuni 212 di Monas dan Patung Kuda. Foto Kodam Jaya

Asops Kasdam Jaya menyampaikan kepada prajurit Kodam Jaya yang menjalankan misi pengamanan Reuni 212, agar menyiapkan mental dan fisik untuk pengamanan terhadap rencana aksi Reuni 212 dan mengedepankan pendekatan yang lembut.

“Humanis dan persuasif dalam menghadapi masyarakat. Berikan rasa simpatik kepada masyarakat Ibukota dalam pengamanan bila terjadi kegiatan Reuni Akbar 212, dan jalin selalu koordinasi yang baik dengan aparat Kepolisian,” kata Asops Kasdam Jaya.

Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin Budi Saputra dalam keterangan persnya menyampaikan, pelibatan Prajurit Kodam Jaya dalam mengantisipasi terjadinya kerawanan, merupakan bentuk sinergitas Kodam Jaya dengan unsur Polri maupun unsur terkait lainnya dalam upaya menjaga kestabilan keamanan dan ketertiban di wilayah DKI Jakarta sebagai Ibukota Negara, ungkap Kapendam Jaya.

Kapendam Jaya memaparkan, diharapkan dengan dilaksanakannya apel kesiapan tersebut, khususnya Prajurit Kodam Jaya yang diterjunkan di lapangan tidak salah dalam bertindak, mengetahui betul tindakan apa yang harus dilakukan dengan benar, tidak terjadi keraguan dalam mengambil langkah dan tindakan yang benar dalam melaksanakan tugas pengamanan.

Polisi tak izinkan Reuni 212

Sebagaimana diketahui perkembangan pelaksanaan Reuni 212 di Patung Kuda sekitar Monas ditolak oleh kepolisian.

Panitia Reuni 212 telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada Intelkam Polda Metro Jaya untuk pelaksanaan reuni. Surat dilayangkan pada Senin 29 November 2021, surat diterima namun ditolak dan dikembalikan kepada panitia.

Usai Sekda hingga Wagub DKI, kini pengelola Monas bongkar nasib Reuni PA 212. Foto: Antara
Reuni PA 212. Foto: Antara

Dalih Polisi tidak bisa menurunkan izin keramaian dari kegiatan reuni tersebut.

Selain ditolak di Patung Kuda, Reuni 212 yang rencananya digelar di Masjid Az Zikra juga kandas. Pengelola Masjid Az Zikra Sentul Bogor menolak reuni diadakan di tempat tersebut. Dalih pengelola masjid tersebut, mereka masih berduka dengan meninggalnya putra kedua KH Arifin Ilham, Ameer Az Zikra.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS