page hit counter

71 Balon Kades Jalani Tes Akademik

SELONG– Seleksi tambahan terhadap 11 desa yang jumlahnya  bakal calon (Balon) Kadesnya lebih dari lima digelar Kamis (10/6). Tes tambahan ini diikuti sebanyak 71 Balon bertempat di Ball Room Kantor Bupati Lombok Timur dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat.

Pelaksanaan seleksi  ini melibatkan panitia tingkat kabupaten dan  desa. Para Balon menjalani tes akademik dengan menjawab sebanyak 50 soal pilihan ganda.  Hasil dari seleksi tambahan ini langsung diumumkan saat itu juga.” Jumlah yang mengikuti tes tambahan ini 71 orang yang merupakan balon Kades di 11 desa yang jumlahnya calonya lebih dari lima,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Lotim, Muhammad Hairi, kemarin.

Pelaksanaan seleksi tambahan ini lanjutnya mengacu pada ketentuan yang berlaku yaitu minimal dua orang calon dan maksimal lima orang. Jika lebih dari lima maka diharuskan untuk dilaksanakan seleksi tambahan. Dari 11 desa yang menjalani tes tambahan  tersebut Balon terbanyak adalah Desa Kotaraja yaitu sembilan orang.” Yang pasti kita akan ambil lima. Dari 29 desa di Lotim yang akan menggelar Pilkades serentak sampai saat ini tidak ada calon tunggal. Kecuali lebih dari lima,” ungkapnya.

Hairi menambahkan penetapan calon  Kades mengacu pada lima indikator penilaian. Pertama dukungan lima persen dari desa, pengalaman kerja, usia, pendidikan  ditambah tes tertulis bagi terhadap Balon yang lebih dari lima orang.” Hasil penilaian dari lima indikator  itulah yang akan diberikan ke masing – masing Balon dengan menggunakan sistem perankingan. Balon yang menempati  ranking 1 sampai 5 maka itulah  dinyatakan lulus,”  ungkap Hairi.

Pelaksanaan tes tambahan ini berjalan transparan. Balon yang lulus adalah mereka yang memperoleh nilai sesuai standar yang telah ditentukan.” Para Balon sebelumnya telah menjalani  deklarasi menyatakan  akan menerima lulus atau tidak. Siapapun yang gugur harus diterima,” tandasnya.(lie)

The post 71 Balon Kades Jalani Tes Akademik appeared first on Portal Berita Harian Radar Lombok.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS