page hit counter
50 Persen Gol Swiss Sejak 2014 di Turnamen Besar Kini Hasil Kontribusi Xherdan Shaqiri

50 Persen Gol Swiss Sejak 2014 di Turnamen Besar Kini Hasil Kontribusi Xherdan Shaqiri

Wartamataram.com – Xherdan Shaqiri terus menunjukkan bahwa dia adalah pemain terpenting bagi Swiss dalam beberapa tahun terakhir dengan terbaru dia berkontribusi pada gol pembuka negaranya di laga perdana mereka di Euro 2020 ini.

Swiss menghadapi Wales dalam laga perdana mereka di fase grup A Euro 2020 di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, pada Sabtu (12/6) malam WIB dengan grup ini juga bermaterikan Italia dan Turki.

Setelah babak pertama berakhir imbang tanpa gol, pasukan Vladimir Petković akhirnya berhasil memecah kebuntuan di babak kedua melalui tandukan Breel Embolo usai menerima umpan sepak pojok Xherdan Shaqiri di menit ke-49.

Berkat lesakan satu assist untuk Breel Embolo itu, kini berarti bahwa 50 persen gol Swiss di turnamen besar (Piala Dunia & Euro) sejak 2014 datang dari kontribusi Xherdan Shaqiri. Penyerang Liverpool itu mencetak lima gol dan tiga assist dari total 16 gol yang dicetak oleh Rossocrociati.

Sementara secara keseluruhan, pemain berusia 29 tahun itu sejauh ini telah mencetak 23 gol dan 25 assist dalam 92 penampilannya di semua kompetisi untuk Swiss sejak melakukan debutnya pada 3 Maret 2010.

Sayangnya bahwa keunggulan Swiss itu kemudian tak bertahan lama ketika pasukan Ryan Giggs akhirnya mulai berani tampil menyerang pasca tertinggal gol Breel Embolo, dengan Wales mampu menyamakan kedudukan menit ke-74 melalui Kieffer Moore yang menerima assist Joe Morrel.

Menariknya bahwa gol ini juga datang dari situasi sepak pojok, hanya saja tidak tendangan langsung dari bendera corner. Dimulai Aaron Ramsey sebagai eksekutor, dia kemudian mengumpan pada Joe Allen, lalu memberikan bola ke Joe Morrel yang lantas mengirim umpan crossing ke jantung pertahanan Swiss untuk ditanduk Kieffer Moore dan menyamakan kedudukan bagi Wales.

Memang penyerang setinggi 1,96 meter itu dikenal dengan kemampuan sundulannya. Empat dari enam gol Kieffer Moore untuk Wales di semua kompetisi adalah sundulan, sementara tiga dari empat gol terakhir Wales di Kejuaraan Eropa juga datang dari sundulan.

Dengan hasil imbang 1-1 ini berarti Swiss memperpanjang rekor buruk mereka melawan tim asal Britania Raya di turnamen besar. Dalam lima pertemuan, termasuk melawan Wales ini, Rossocrociati kalah tiga kali dan imbang dua kali.

sumber: 50 Persen Gol Swiss Sejak 2014 di Turnamen Besar Kini Hasil Kontribusi Xherdan ShaqiriBerita Bola

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS