page hit counter
5 Aspek Memukau Hellbound; Sebuah Review

5 Aspek Memukau Hellbound; Sebuah Review

5 aspek memukau hellbound gambar utama

Minggir dulu, Squid Game. Netflix punya juara baru drakor yang kini menduduki posisi pertama di mancanegara. Hellbound, sebelum menontonnya berikut 5 Aspek Memukau Hellbound

Drama Korea terbaru ini langsung menjadi buah bibir sejak ditayangkan. Hal ini disebabkan karena drakor ini menawarkan sesuatu yang segar dan baru.

Mengapa Hellbound bisa begitu sensasional? Karena premis yang digunakan adalah premis yang cukup sensitif.

Tidak banyak drakor yang menyentil masalah keyakinan dan pengadilan Tuhan. Penentuan apakah seorang manusia akan masuk neraka atau surga.

Ada 5 aspek memukau Hellbound lainnya yang dengan baik dibawakan dalam drakor ini. Semua akan dikupas satu per satu dalam artikel berikut.

Ide cerita Hellbound bisa menjadi inspirasi bagi industri serial TV barat yang belakangan terlihat mulai stagnan. Apa saja 5 aspek memukau Hellbound tersebut? Simak bersama ya, gaes!

 

Premis yang Out of the Box

5 aspek memukau hellbound gambar 1

Sejak episode perdana, Hellbound sudah menancapkan gigi di pikiran penonton karena premisnya yang tidak biasa. Dikisahkan, bumi dikuasai monster-monster buas penghuni neraka yang menghukum para pendosa.

Diawali dengan penampilan sosok seperti malaikat yang membacakan nubuat bagi mereka yang dianggap ‘pendosa’, tentang hari dan jam mereka akan mati. Lalu, tepat pada jadwal yang telah ditentukan, makhluk-makhluk neraka itu datang.

Para ‘pendosa’ tidak akan bisa bersembunyi atau melarikan diri. Makhluk-makhluk itu akan selalu menemukan mereka, menghukum dengan siksaan, dan terakhir membakar mereka.

Konsep ini tambah mengerikan karena mereka yang menerima nubuat tersebut sudah tahu kapan mereka akan mati dan diseret ke neraka. Bisa dibayangkan seperti apa kekacauan yang lantas terjadi.

Konsep ini sangat mengguncang keimanan siapapun yang memercayai Tuhan dan pengadilan akhirNya. Niat manusia di mana pun adalah berbuat baik, karena tujuannya adalah menghindari neraka.

Akan tetapi, apa jadinya jika pengadilan itu mendadak dijadwalkan dan datang di saat manusia tersebut masih hidup dan belum diberi kesempatan untuk bertobat?

Apakah rencana Tuhan mendadak berubah? Mengapa tiba-tiba makhluk-makhluk neraka itu datang dan menghukum para pendosa itu, langsung di bumi tempat ia berpijak? Apakah yang divonis ‘pendosa’ benar-benar orang jahat?

Hellbound menyajikan kisahnya dengan tempo cepat, tanpa bertele-tele, memicu pemikiran kritis, dan tetap menyisakan banyak misteri. Selain itu Hellbound berhasil menjaga ketegangan hingga episode akhir.

Menyindir Wajah Asli Sekte-Sekte

5 aspek memukau hellbound gambar 6

Datangnya pengadilan akhirat langsung ke bumi dan eksekusi hukuman di tempat memicu munculnya sebuah agama/keyakinan baru. Di serial ini, agama tersebut dinamai Kebenaran Baru.

Kebenaran Baru berkembang semakin luas dengan pengikut yang semakin banyak, karena pemimpinnya mengklaim bahwa Kebenaran Baru adalah keyakinan yang paling tahu alasan mengapa neraka datang ke bumi.

Hal ini adalah sindiran terhadap para penguasa yang ada dalam tatanan masyarakat. Kebenaran Baru semakin besar pengaruhnya dalam berbagai hal.

Dengan besarnya pengikut dan dukungan pada mereka, tidak butuh waktu lama hingga anggota-anggota Kebenaran Baru mulai bertindak semena-mena.

Ini adalah cerminan dari mereka yang punya kekuatan mengendalikan masyarakat. Pada akhirnya, penguasa akan lebih mementingkan kepentingan mereka sendiri daripada orang banyak.

Karena manusia selalu tergoda akan ketamakan dan rasa tidak pernah puas. Itu adalah sifat-sifat paling mendasar yang dimiliki manusia.

Pemimpin Keyakinan Baru dan antek-anteknya mulai merajalela main hakim sendiri dan memaksakan keyakinan mereka pada orang lain. Selain itu, mereka dengan sengaja menebar teror demi mengendalikan berbagai aspek kehidupan demi keuntungan diri sendiri.

Sutradara Yeon Sang-ho yang sekaligus merangkap penulis Hellbound yang awalnya berbentuk webtoon ini dengan piawai menciptakan penceritaan yang mulus.

Tidak ada celah-celah membosankan atau adegan yang tidak perlu. Semuanya bergerak menjadi roda cerita yang menjaga rasa penasaran dan daya tarik penonton dengan kuat.

Metafora Pengendalian Total Penguasa

5 aspek memukau hellbound gambar 3

Siapa orang terkuat di dunia? Bukan mereka yang memiliki uang atau kekuasaan, tapi mereka yang mengendalikan massa dalam jumlah besar. Konsep itu yang membentuk Hellbound.

Ketakutan yang dibangun akibat ‘jadwal’ kapan sebagian dari mereka yang mendapat nubuat akan dihukum mengubah kehidupan masyarakat. Tingkat kejahatan jauh merosot karena semua takut berbuat dosa.

Hal ini benar-benar dimanfaatkan oleh sekte Kebenaran Baru. Mereka akan melakukan apa saja untuk mempertahankan keadaan ini. Bahkan dengan berbohong sekalipun.

Hal ini adalah sindiran dari apa yang dilakukan penguasa tunggal yang sedang mengendalikan keadaan. Kebohongan ditiup demi menciptakan ketakutan yang mengarah kepada pengendalian total.

Jika ada yang ingin mengungkapkan kebenaran, akan langsung dibungkam. Karena, jika kebenaran terungkap, tatanan yang sudah mereka bangun akan kacau balau.

Saat kisah semakin terbuka, penonton mulai mempertanyakan kehadiran monster-monster neraka tersebut. Benarkah ini adalah kehendak ilahi? Atau sebenarnya ada kekuatan lain sebagai dalangnya?

Mereka yang mempertanyakan kehendak Tuhan dalam drakor ini mewakili lapisan masyarakat yang memperjuangkan kebenaran. Banyak sekali yang harus dikorbankan demi menegakkan keadilan yang sesungguhnya.

Penampilan Prima Para Pemerannya

5 aspek memukau hellbound gambar 4

Hellbound beruntung memiliki sejumlah aktor dan aktris yang memiliki kemampuan akting sangat mumpuni. Hal ini menjadi salah satu aspek memukau dari drakor ini.

Yoo Ah-in memerankan ketua sekte Kebenaran Baru yang simpatik tapi sebenarnya menyimpan rahasia. Yoo Ah-in adalah salah satu aktor terbaik Korea di generasinya.

Ia juga langganan menjadi pemenang di berbagai penghargaan bergengsi Korea Selatan. Selain kemampuan aktingnya yang luar biasa , Yoo Ah in terkenal pandai memilih naskah yang bagus.

Park Jung-min juga salah satu aktor watak muda yang sedang naik daun. Aktor yang belum lama tampil di film Deliver Us From Evil ini menjadi andalan para sutradara kenamaan Korea Selatan.

Aktris kawakan Kim Hyun-joo dan aktris muda Won Jin-ah juga tampil total dalam penghayatan peran mereka. Penampilan mereka menjadi nyawa sekaligus hati dalam drakor ini.

Aktor dan aktris pendukung lainnya juga bermain sama baiknya. Hellbound menjadi drakor yang sangat berisi sekaligus berkelas berkat performa mereka.

Naskah Kuat Plus Plot-Twist Tak Terduga

5 aspek memukau hellbound gambar 2

Berawal dari webtoon, naskah Hellbound sendiri sudah sangat kuat dan memiliki plot twist yang tak terduga. Rahasia intinya masih tersimpan sebagian, menandakan besarnya kemungkinan ada musim kedua.

Tiap-tiap episode ditutup dengan cliffhanger yang menegangkan. Hellbound mengunci fokus penonton di setiap episodenya.

Drakor ini adalah tipe kisah yang bisa ditamatkan dalam sekali duduk karena penonton tidak bisa berhenti karena penasaran. Apalagi didukung dengan special effect dan CGI yang lumayan canggih untuk ukuran serial televisi.

Sutradara Yeon Sang Ho yang sukses menyutradarai film megahit Train to Busan menyebut bahwa Hellbound menarik karena bercerita tentang misteri kosmis yang belum banyak diketahui manusia.

Sebagian besar manusia meyakini adanya alam setelah kematian, lalu surga dan neraka. Namun, pada kenyataannya, belum ada bukti konkrit mengenai hal itu.

Sesuatu yang diyakini nyata tapi tidak ada satupun saksi atau bukti empiris yang mendukungnya. Selain itu, elemen horor yang membalutnya menghasilkan formula baru yang menyegarkan.

Penutup

Hellbound sudah tayang sebanyak enam episode. Buat kamu yang penasaran seperti apa drakornya, langsung yuk ditonton di platform Netflix.

Bagi yang belum punya, segera unduh aplikasinya dan pilih paket berlangganan yang paling sesuai untuk kebutuhan kamu. Selamat menonton ya, gaes!

Ditulis oleh Naila Fauzia

CATEGORIES
Share This

COMMENTS