page hit counter
4 Manfaat daun binahong, picu bahaya jika diminum bareng kopi dan teh

4 Manfaat daun binahong, picu bahaya jika diminum bareng kopi dan teh

Daun Binahong. Foto: Instagram @rachels_jungle

Daun binahong punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tapi selain segudang manfaat, daun yang dikenal sebagai obat tradisional ini juga bisa memicu efek samping.

Tanaman herbal asal China ini mengandung bahan aktif seperti beta karoten, vitamin E, flavonoid, riboflavin, asam folat, kalsium, zat besi, dan protein. Makanya, tanaman yang disebut Dhen San Chi ini bermanfaat untuk tubuh. Biasanya binahong dikonsumsi dengan cara direbus atau dalam bentuk kapsul yang lebih praktis. Berikut beberapa manfaat daun binahong untuk kesehatan, dilansir dari berbagai sumber.

Mencegah diabetes

Sebuah penelitian membuktikan kalau daun binahonghttps://www.youtube.com/watch?v=DMRrUt0Mazw mampu membantu menurunkan kadar gula di dalam darah. Kandungan dalam binahong seperti flavonoid, steroid, dan kumarin menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus. Tak hanya itu, senyawa tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi dan fungsi insulin. Makanya, konsumsi daun binahong bisa membantu mencegah diabetes.

Mengobati darah tinggi

Darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit ‘langganan’ di Indonesia. Konsumsi daun binahong ternyata punya manfaat menurunkan denyut jantung dan memperlancar produksi urin.

Daun binahong. Foto: Tribunnews

Menjaga kesehatan ginjal

Daun binahong membantu mencegah penyakit ginjal. Tubuh menghasilkan kreatinin sebagai sisa aktivitas di otot. Ginjal berfungsi mempertahankan kadar kreatinin normal dalam darah. Nah, kalau jumlahnya berlebihan bisa memicu penyakit ginjal.

Saat ginjal tidak bisa berfungsi maksimal, kadar kreatinin bakal meningkat. Dengan konsumsi daun binahong fungsi ginjal bakal meningkat. Hal ini juga berlaku untuk penderita gagal ginjal kronis.

Atasi asam urat

Air rebusan binahong bisa menurunkan zat putin yang menjadi penyebab asam urat. Selain itu, kandungan flavonoid di dalamnya juga bisa menghambat pembentukan asam urat dalam tubuh.

Efek samping

Segala sesuatu yang berlebihan akan berdampak tidak baik. Hal ini juga berlaku pada daun binahong meski punya sederet manfaat kesehatan. Dilansir dari Sehatq, efek samping konsumsi binahong secara berlebihan seperti sakit pada bagian perut, mual dan muntah, alergi, picu hipertensi, jantung berdebar lebih kencang, pusing dan kliyengan.

Lalu yang perlu kamu perhatikan selain dosis adalah cairan yang dikonsumsi bersamaan dengan daun binahong. Binahong mengandung efedrin yang bakal bereaksi jika dikonsumsi berbarengan dengan teh dan kopi karena kandungan zat di dalamnya. Jika binahong diminum bareng teh atau kopi dikhawatirkan bisa memicu pusing, gelisah, mual, muntah, insomnia dan jantung berdebar.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS