page hit counter

4.596 Nakes di Jakarta Barat Telah Disuntik Vaksin Dosis Ketiga

JAKARTA – Sebanyak 4.596 tenaga kesehatan (nakes) di wilayah Jakarta Barat sudah menjalani vaksin booster atau tahap tiga. Jumlah tersebut masih belum memenuhi target total yakni 20.013 nakes.

“Jumlah Nakes Jakarta Barar berdasarkan SISDMK sejumlah 27.013 nakes,” kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Kristy Whatini saat kepada wartawan di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (12/8/2021).

Namun, Kristy mengatakan, distribusi vaksin tahap tiga sudah menyebar ke seluruh rumah sakit daerah, swasta, bahkan puskesmas yang ada di Jakarta Barat. Adapun pemberian vaksin booster terhadap nakes itu sesuai instruksi Peraturan Gubernur dan Peraturan Menteri Kesehatan.

“Dari dokter sampai ke cleaning service harus vaksin karena mereka kan ada di area itu,” tuturnya.

Dengan percepatan vaksinasi tahap tiga ke pada para nakes, Kristy berharap nakes bisa memiliki ketahanan fisik sehingga dapat melayani masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah diperbolehkan menggelar vaksinasi COVID-19 tahap III sejak bulan Juni. Vaksinasi tahap 3 akan menyasar 140 juta rakyat Indonesia dengan sasaran utamanya yakni masyarakat tergolong rentan.

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, selain itu, wilayah dengan predikat penyebaran Covid-19 tinggi juga jadi prioritas utama penyebaran vaksin tahap tiga.

Baca Juga : Menkes: Ada Orang Indonesia Mau Divaksin Covid-19 Lihat Tetangganya Dulu

“Kami akan memfokuskan terutama pada daerah-daerah dengan permasalahan ataupun yang tergolong secara epidemiologi memiliki kasus COVID-19 tinggi, artinya yang banyak sekali berada di zona merah,” ujarnya.

Source: RCTI+

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS