counter hit make
RCTI+  

3 Pekan Uji Coba Ganjil-Genap di Puncak, Begini Evaluasinya

BOGOR – Polres Bogor telah memberlakukan uji coba ganjil-genap menuju kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dalam tiga pekan terakhir. Hingga saat ini, tercatat jumlah kendaraan melintas menurun sekitar 25 persen.

“Minggu pertama kami lihat cukup lumayan, minggu kedua cukup lumayan, hingga kemarin pun masih cukup lumayan. Makanya nanti kita lihat (efektivitas) minggu keempat ini efektivitasnya bagaimana. Tapi, kalau sampai minggu ketiga kemarin masih bisa menurunkan hingga 25 persen,” kata Kapolres Bogor, AKBP Harun kepada wartawan, Minggu (26/9/2021).

Namun, dari awal hingga uji coba ganjil-genap saat ini terlihat semakin banyak yang mematuhi aturan. Hal itu juga dikarenakan sosialisasi semakin masif.

“Kita masih melihat kira-kira dnegan sudah tersosialisasikan ganjil-genap ini, bagaimana nanti ke depannya. Karena selama 3 minggu ini kan mungkin ada yang belum tersosialisasikan, belum mendengar. Sehingga pada saat naik ke Puncak mutar balik. Ke sini, terutama kemarin sama hari ini kira lihat sudah hampir semuanya sesuai dengan tanggal. Artinya sudah tersosialisasikan,” ucapnya.

Meski begitu, ia melanjutkan, ketika ganjil-genap ini sudah tersosialisasikan dengan baik bukan berarti permasalahan kepadatan di Puncak selesai. Justru, dengan kondisi seperti itu dikhawatirkan menambah volume kendaraan di Jalur Puncak.

“Nah, ini nanti yang akan menjadi evaluasi kita. Setelah kita melihat masyarakat sudah paham, sudah mengerti bahwa ke Puncak harus sesuai dengan ganjil-genapnya, nanti kita lihat itu tingkat kepadatan atau kuantitas mobilitas masyarakat tinggi apa tidak. Karena kita lihat masyarakat ini apalagi masyarakat Jakarta, banyak yang punya mobil lebih dari satu dan mereka sudah pengalaman dengan ganjil-genap. Kalau kita lihat nanti apakah intensifas semakin tinggi ke sini,” tutur Harun.

Baca Juga : Uji Coba Ganjil-Genap di Kawasan Sentul Bogor, Banyak Kendaraan Diputarbalikkan

Source: RCTI+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *