page hit counter
20 Film Jepang Ditayangkan Daring di Japanese Film Festival Online 2022

20 Film Jepang Ditayangkan Daring di Japanese Film Festival Online 2022

Sejak tahun 2016, Japan Foundation menyelenggarakan JFF di 10 negara Asia Tenggara dan Australia yang tergabung dalam JFF Asia Pacific Gateway. Di tahun 2017, India bergabung dan disusul Rusia pada tahun 2018. Tahun 2019, JFF diselenggarakan di 56 kota di 12 negara dengan jumlah penonton mencapai 170,000 orang. Tahun 2020, untuk pertama kalinya, JFF diselenggarakan secara daring dan situs JFF+ dirilis sebagai media utama yang menghadirkan film-film Jepang dalam bentuk penayangan film daring, artikel, dan komunitas.

Festival ini akan hadir di Indonesia dan 24 negara lainnya secara daring dan gratis mulai tanggal 14-27 Februari 2022. Dua puluh (20) film Jepang pilihan dari beragam genre mulai dari drama, sejarah, misteri, dokumenter hingga animasi siap disuguhkan selama festival berlangsung.

Under The Open Sky
© Ryuzo Saki / 2021 “Under the Open Sky” Production Committe

Tujuh film Jepang rilisan terbaru akan ditayangkan pada festival film yang telah dua kali diselenggarakan secara daring ini, di antaranya adalah Under the Open Sky yang disutradarai oleh Miwa Nishikawa, sutradara yang kerap membuat film fenomenal di Jepang. Film ini telah mengikuti berbagai ajang festival film dunia dan menjadi perbincangan di Jepang.

Film terbaru lainnya adalah Aristocrats karya Yukiko Sode yang menyoroti isu kelas sosial dan kedudukan perempuan dalam masyarakat. Film ini dibintangi oleh Mugi Kadowaki, Kiko Mizuhara, dan Kora Kengo.

Aristocrats
© Mariko Yamauchi / SHUEISHA, “Aristocrats” Film Partners

Dua hal otentik dari kebudayaan Jepang juga hadir dalam genre dokumenter melalui film SUMODO-The Successors of Samurai– yang bercerita tentang perjalanan keseharian para sumo
dan awal mula sebuah ritual keagamaan berubah menjadi olahraga nasional populer Jepang, serta kisah pembuat ramen sukses dalam The God of Ramen.

Time of EVE the Movie
Time of EVE the Movie © Yasuhiro YoSHIURA / DIRECTIONS, Inc.

Film animasi tentunya menjadi genre yang paling dinantikan oleh penggemar budaya Jepang. Selain menonton film, kami mengundang seorang pengarah seni latar animasi profesional dari Jepang yang menghasilkan banyak film terbaik yang telah kita nikmati selama ini, seperti pada film-film karya Studio Ghibli, Your Name, dan film yang juga hadir di JFF yaitu Time of EVE the Movie. Tidak ketinggalan film klasik peraih penghargaan Oscar berjudul RASHOMON karya sutradara kenamaan Jepang, Akira Kurosawa, yang akhirnya bisa dinikmati oleh generasi muda masa kini di Indonesia.

Rashomon
Rashomon © KADOKAWA CORPORATION 1950

Daftar film selengkapnya dapat dilihat berikut ini:

List Film JFF Online 2022
List Film JFF Online 2022

Jadi buat kalian yang ini menyaksikan film-film tersebut kalian bisa daftar gratis secara daring disini : https://jff.jpf.go.jp/watch/jffonline2022/indonesia/

Informasi selanjutnya mengenai JFF ONLINE akan dirilis secara berkala di media sosial JFF berikut ini:
JFF+ (JFF ONLINE 2022): https://jff.jpf.go.jp/jffonline2022/indonesia/
Instagram: @indonesiajff
Facebook: https://www.facebook.com/JFFJakarta

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS