counter hit make

2 Publik figur putuskan pindah agama di tahun 2021, ikuti hati nurani

Cyndyana Lorens dan Kriss Hatta

Dua publik figur di bawah ini memutuskan untuk pindah agama di tahun 2021. Memang, agama merupakan urusan pribadi sesuai dengan hati nurani. Sehingga, keyakinan itu hanya bisa dirasakan oleh pribadi masing-masing. Lantas, siapa saja publik figur yang memutuskan untuk berpindah keyakinan di tahun 2021? Simak ulasan berikut.

Cyndyana Lorens, adik Kriss Hatta pindah agama di tahun 2021

Tahun 2021 merupakan tahun yang berkesan bagi Cyndyana Lorens, adik Kriss Hatta. Pasalnya kata Lorens, tahun 2021 membuat dirinya makin berkembang. Salah satunya karena ia resmi pindah agama dari Kristen ke Islam.

“Iya, 2021 menjadi tahun dimana aku, kembali berkembang namun kali ini dalam aspek keimananku,” tulis Cyndyana Lorens melansir Instagram pada Selasa (28/12/21).

Bicara soal keyakinan, orang tua dan keluarganya membebaskan semua anggota keluarga untuk memilih sendiri agama yang diyakininya. “Untuk orang-orang terdekat, pasti sudah tahu kalau keluargaku adalah keluarga yang memberikan kebebasan kepada setiap anggotanya untuk memilih jalan hidupnya masing-masing.”

Cyndyana Lorens, adik Kriss Hatta mualaf
Cyndyana Lorens, adik Kriss Hatta mualaf. Sumber: Instagram

Termasuk Cyndyana Lorens yang mengikuti hati nuraninya sendiri untuk menjadi seorang mualaf. Dia mengucap dua kalimat syahadat di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta pada Mei 2021. Sebelum mantap pindah agama, perempuan yang berprofesi sebagai pramugari tersebut berusaha untuk mencari sesuatu yang hilang dalam hidupnya.

“Begitupun aku dua bulan yang lalu, Alhamdulillah sudah menjadi seorang mualaf di Mesjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta. Sudah menjalani bimbingan-bimbingannya sehingga bisa mendapatkan sertifikat yang aku tunggu-tunggu ini. Berbulan-bulan berdialog, dan mencoba menemukan missing pieces di dalam hidupku. Akhirnya aku mantap berpindah keyakinan tanpa paksaan orang lain kala itu,” pungkas Cyndyana Lorens.

Sukmawati

Sukmawati Soekarnoputri telah menjalani ritual pindah ke agama Hindu pada Selasa (16/10/21) tepat di hari ulang tahunnya yang ke-70 di rumah ibunda Bung Karno, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben, di Buleleng, Bali. Menurut Sukmawati, dirinya melewati proses yang cukup panjang sebelum akhirnya mantap pindah agama.

Sukmawati Soekarnoputri. Foto: Instagram
Sukmawati Soekarnoputri. Foto: Instagram

“Kurang-lebih 66 tahun dihitung-hitung dari perjalanan panjang, proses saya memutuskan sebagai penganut kembali ke agama leluhur,” ungkap Sukmawati melansir Detik.

Awalnya, Sukmawati sering melihat Presiden The Soekarno Center, Arya Wedakarna pergi ke Pura untuk sembahyang. Dari situ, Sukmawati diajak Arya untuk beribadah di pura.

“Jadi itulah karena kunjungan kerja, kunjungan kerja dan memang seorang Arya religius. Beliau sering mampir ke Pura. Ya pasti ada gitu di setiap kunjungan kerja politik PNI ya, memperkenalkan PNI. Jadi kalau mau ditanya bagaimana sih caranya, ya itu ngajak ke Pura gimana cara sembahyangnya, mengajarkan ini musti, dengan air dengan beras dengan bunga dengan dupa begitu,” ujarnya.

Selain itu, Sukmawati juga menjelaskan bahwa ia senang belajar agama. Setelah mempelajari cara sembahyang agama Hindu, Sukmawati merasa hal itu lebih meresap ke jiwanya.

“Ibu senang belajar beberapa agama seperti apa sih cara sembahyangnya, cara berdoanya. Jadi apalagi yang juga sebagian mengalir di leluhur ibu ini. Ya itu pengin tahu cara sembahyang Hindu Bali itu seperti apa, oh rupanya lebih bisa meresap di jiwa ibu gitu,” pungkas Sukmawati.

Artikel dari Hops.ID