page hit counter

2.410 Napi di NTB Dapat Remisi Hari Kemerdekaan, 10 Orang Langsung Bebas

MATARAM-Ribuan narapidana (Napi) di NTB mendapat pemotongan masa tahanan atau remisi di hari kemerdekaan. ”Total ada 2.410 napi yang mendapat remisi,” kata Kakanwil Kemenkumham NTB Haris Sukamto, Senin (16/8).

Rinciannya, di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Mataram sebanyak 604 napi; Lapas Sumbawa 339 napi; Lapas Dompu 285 napi; Lapas Selong 230 napi; Lapas Terbuka Lombok Tengah (Loteng) 25 napi; Lapas Anak Loteng 30 napi; Lapas Perempuan Mataram 67 napi; Lapas Praya 170 napi; dan Lapas Raba Bima 133 napi. ”Dari seluruh napi  yang mendapatkan remisi, 10 orang dinyatakan langsung bebas atau mendapatkan remisi umum II,” jelasnya.

Ditambah lagi, beberapa napi yang terjerat tindak pidana khusus sebanyak 525 orang. Mereka merupakan napi yang melakukan tindak pidana kejahatan luar biasa. Seperti narkoba, korupsi, dan terorisme.

Menurut Haris, pemberian remisi terhadap napi tindak pidana khusus sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan mengecualikan Pemberian Remisi kepada Kejahatan Luar Biasa.

Haris mengingatkan napi yang sudah dinyatakan bebas, tidak lagi mengulangi perbutannya. Sehingga tidak lagi menginjakkan kaki di lapas. ”Saya berharap mereka yang bebas tidak masuk lapas lagi,” harapnya.

Napi yang bebas harus siap berinovasi. Bekal yang didapatkan selama dibina di dalam lapas harus dimanfaatkan. ”Masyarakat juga harus mendukung upaya para warga binaan yang bebas untuk berubah lebih baik lagi,” ujarnya.

Di dalam lapas, para napi mendapatkan pembinaan keagamaan, kerajinan tangan, dan lainnya. ”Kita berikan pembinaan itu untuk menguatkan mental para warga binaan nanti ketika sudah berbaur dengan masyarakat,” kata dia. (arl/r1) 

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS