page hit counter

15 Rekomendasi Mobil City Car Terbaik dan Irit 2021

Mobil City Car seringkali menjadi pilihan di tengah masyarakat saat ini karena bentuknya yang kecil. Hampir semua City Car didesain untuk mendukung mobilitas dan pergerakan para penggunanya yang bekerja di daerah kawasan perkantoran. Juga, City Car ternyata menjadi idaman karena menjadi mobil yang cocok untuk anak muda.

Penamaan mobil City Car disebut sebagai demikian karena tergolong menjadi mobil yang mudah dikendarai di daerah perkotaan dan termasuk irit. Jadi, tidak heran dalam City Car bisa memuat mobil hatchback, mobil SUV mini, asalkan bentuknya kecil dan cocok dikendarai dalam daerah perkotaan. 

Berbagai mobil City Car saat ini tampil lebih stylish dan modern dari segi teknologi dan perlengkapan secara interior. Banyak orang yang menyukai City Car dikarenakan bentuknya yang kecil, padat dengan harga beli yang cukup ekonomis. Toyota, Daihatsu, Suzuki hingga Kia dan berbagai mobil lainnya mulai berinovasi mengembangkan City Car.

Nah, penasaran mobil City Car seperti yang kira-kira bagus dan cocok untuk Anda gunakan? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini! 

1. Suzuki Swift 

suzuki-mobil-city-carSumber: carsguide.com.au

Suzuki Swift hingga saat ini masih diminati oleh anak muda, seringkali disebut hatchback mobil ini juga tergolong ke dalam City Car yang bertenaga. Mobil ini maksimal memiliki 5 penumpang.  Diperlengkapi dengan kapasitas mesin 1372 cc dan tergolong cukup irit, untuk jarak 1 km Suzuki Swift dapat menempuh hingga 32 km.

Torsi maksimal yang dihasilkan adalah 130 Nm dengan tenaga 94hp. Gimana? Menarik bukan Suzuki Swift ini? Sayangnya Suzuki Swift saat ini hanya ada pada pasar jual beli mobil bekas. Produksi resminya sudah dihentikan sejak tahun 2017 lalu. Harga Suzuki Swift bekas dimulai dari Rp 115 juta hingga Rp 190 juta dalam pasar saat ini.

2. Suzuki Baleno 

suzuki-baleno-mobil-city-car

Sumber: id.priceprice.com

Suzuki Baleno yang hadir tahun 2019 lalu resmi tampil dengan desain Liquid Flow Design. Mobil Suzuki Baleno ini mengalami transformasi penting dari yang dahulunya dikenal dengan mobil sedan. Hingga saat ini Baleno dikenal menjadi Completed Hatchback. 

Namun, tidak sedikit yang menyebutnya sebagai City Car. Mobil ini dapat dimuat 5 penumpang dan memiliki tangki bahan bakar 37 liter. Untuk 1 liternya, Suzuki Baleno dapat menempuh 22.17 km untuk perjalan dalam ibu kota. Suzuki Baleno ini mobil yang diimpor dari India. 

Fitur yang dikembangkan dalam mobil ini sudah setara dengan berbagai mobil City Car modern saat ini yang mengedepankan efektifitas pada teknologi headunit yang sudah dapat mengkoneksikan telepon. Harga Suzuki Baleno bekas saat ini mulai dari Rp 200 juta. 

3. Suzuki Ignis
suzuki-ignis-city-car

Sumber: otomotif.kompas.com

Suzuki Ignis memiliki desain yang simpel, mungil namun sangat menarik perhatian. Modelnya yang kecil tidak membuatnya menjadi tampak seperti mobil City Car pada umumnya. Justru City Car yang satu ini dipuji karena warnanya yang kontras. 

Mobil City Car ini diperlengkapi dengan mesin bensin 1197 cc dengan tenaga yang dihasilkan 83 hp dengan torsi 113 Nm. Untuk 1 liter jarak yang dapat ditempuh mobil ini 22,3 kilometer. Saat ini mobil Suzuki Ignis bekas memiliki harga yang dibanderol mulai dari Rp 125 juta. 

4. Honda Brio Satya 

honda-brio-satya-city-car

sumber: id.priceprice.com

Mobil yang satu ini memiliki kapasitas bensin 1200 cc dengan tenaga 90 PS untuk 6.000 rpm. Untuk 1 liter bensin, mobil Honda Brio ini dapat mencapai 30,11. Karena inilah yang membuat Honda Brio Satya termasuk salah satu kategori mobil LCGC yang sangat irit. Mobil ini dapat diisi untuk 5 orang penumpang. 

City Hatchback ini memang diminati di tengah anak muda. Mengemudi dengan Honda Brio Satya sangat ampuh dalam meredam getaran. Honda Brio Satya ini sangat cocok digunakan pada jalanan ibukota yang macet. Harga Honda Brio Satya bekas saat ini dimulai dari Rp 110 juta hingga Rp 160 juta. 

5. Sirion

mobil-daihatsu-sirion-city-car
Sumber: armada-daihatsu.com

Sirion menjadi City Car yang diminati oleh anak muda di tahun 2020 lalu dan menjadi city car terbaik di kalangan gen Z dalam ajang Marketeers Youth Choice Brands of The Year 2020. Dimana menurut Otodetik.com menyatakan bahwa pengisian responden dilakukan dalam kalangan usia 18-25 tahun. 

Interior dari mobil Sirion ini menjadi satu hal yang sangat mendukung mobilitas karena dilengkapi dengan berbagai kompartemen yang mendukung mobilitas Anda. Sirion juga dilengkapi dengan 4 buah air bag, sensor belakang dan depan hingga ISOFIX dan seatblet.

City Car memang didesain untuk membantu pergerakan Anda agar semakin mudah. Hal ini diterapkan pada Sirion khusunya pada bagian kemudi yang didesain agar memiliki injeksi autospeed sensing. Sehingga di berbagai cuaca seperti apapun, seluruh fungsi lampu dan wiper dapat dengan mudah diatur. Tidak mau kalah, mobil Sirion 1 liternya dapat mencapai 20 km dengan kecepatan rata-rata 90km/jam. Untuk saat ini harga pasaran mobil bekas Sirion berkisar dari Rp 106 juta hingga Rp 125 juta. 

6. Toyota Yaris

toyota-yaris-bekas-berkualitas Sumber: otomotif.bisnis.com

Toyota Yaris sejak awal peluncurannya menjadi salah satu mobil andalan PT. Toyota Astra Motor dalam kalangan anak muda. Tidak lekang oleh waktu, Toyota Yaris dari waktu ke waktu memang selalu bertransformasi menjadi lebih baik dan keren. Salah satunya Toyota Yaris Gazoo Racing yang sejak awal indennya sudah terpenuhi. 

Toyota Yaris ini memiliki kapasitas mesin 1500 cc dengan jarak yang dapat ditempuh untuk  1 liter adalah 13,6 km. Pada Toyota Yaris umumnya memiliki 2 tipe yaitu tipe G dan TRD. Perbedaan sebenarnya tidak banyak, hanya pada desain eksterior khususnya pada fog lamp. Jika pada TRD cahaya menjadi lebih terang. 

Dari segi interior tentunya, TRD sportivo sudah lebih canggih dengan adanya penambahan kamera untuk parkir belakang. Harga mobil Yaris bekas saat ini rata-rata dimulai dari Rp 90 juta hingga Rp 190 juta. Semuanya bergantung  pada tahun mobil, harga pasaran dan kualitas mobil bekas yang dijual. 

7. Kia Picanto 

 

mobil-kia-picato-bekas
Sumber: lifestyle.kontan.co.id

Kia Picanto terbilang sebagai salah satu mobil kompak yang menarik karena bodynya yang kompak. Inilah yang menyebabkan KIA Picanto digemari, namun ini bukan menjadi halangan bagi Anda yang memiliki postur tubuh yang tinggi berkisar 170cm. Anda masih bisa berkendara dan memiliki ruang yang cukup luas untuk duduk. 

KIA Picanto adalah segmen mobil yang cocok digunakan untuk kaum wanita dan anak muda dikarenakan bentuknya yang sangat minimalis cenderung praktis. Untuk 1 liter bensin mobil KIA Picanto dapat menempuh jarak sejauh 19 km untuk 1 liternya. Mobil KIA memiliki kapasitas 1250 cc dan tergolong menjadi mobil yang cukup irit dan murah. Untuk harga mobil bekas KIA sendiri berkisar Rp 80 juta hingga Rp 160 juta.

8. Honda City Hatchback RS

honda-city-hatchback-rs-bekas

Sumber: otomotif.kompas.com

Selanjutnya rekomendasi mobil city car yang baru saja keluar di tahun 2021 menggantikan debut Honda Jazz di Indonesia yaitu Honda City Hatchback RS. Mobil City Car Hatchback ini memiliki desain yang sporty dan mesin yang bertenaga. Desain mobil yang menerapkan cutting edge design membuat Honda City semakin terlihat sporty. 

Ditambah dengan fasilitas interior yang tidak tanggung-tanggung seperti penerapan sistem Ultra Seat. Penumpang dapat mengatur posisi kursi duduk dengan nyaman. Fitur infotainment membuat Anda pengendara semakin lebih mudah karena mendukung Android Auto dan Apple Carplay. 

Dari segi mesin Honda City Hatchback memiliki kapasitas 1500 cc, 4 silinder, DOHC, drive by wire, dan i-VTEC. Mobil ini mampu mengeluarkan tenaga 119 hp dengan torsi maksimal 145 Nm pad 4.300 rpm. Untuks saat ini mobil baru Honda City Hatchback dibandrol mulai dari Rp 299 juta. 

9. Nissan March 

nissan-march-bekas-lebih-modisSumber: gridoto.com

Seperti pada umumnya Nissan selalu dikenal konsisten dalam memberikan perlindungan yang tepat bagi para penggunanya. Hal ini juga diperlengkapi pada mobil city car Nissan March.  Mobil ini diperlengkapi dengan dual Airbag hingga Child Safety Locks. 

Segmen mobil ini memang ditujukan pada segmen wanita dikarenakan modelnya yang simpel dan unik. Diperlengkapi dengan kapasitas mesin 1500 cc, Nissan March memiliki torsi maksimal 10.6 kg.m pada 4.000 rpm. Untuk 1 liter bensin Nissan March dapat menempuh jarak hingga 21 kilometer.

Nah, saat ini produksi Nissan March sudah tidak dilanjutkan lagi. Jadi, untuk Sobat Carsome yang tertarik dengan mobil ini harga dari Nissan March bekas saat ini berkisar dari Rp 110 juta hingga Rp 130 juta. 

10. Datsun Cross 


daihatsu-cross-bekas
Sumber: otomotif.kompas.com 

Datsun Cross digadang menjadi mobil crossover bertenaga namun masuk kedalam segmen LCGC. Menarik bukan mobil Datsun? Secara tampilan sendiri, mobil ini sangat sporty dan simple. Ground clearance yang dimiliki oleh mobil ini cukup tinggi berkisar 200mm. Ini membuat Datsun Cross menjadi mobil yang lebih dari sekedar City Car yang mungil pada umumnya. 

Dapur pacu dari Datsun Cross ini memiliki kapasitas mesin 1198cc dengan tenaga maksimal yaitu 67hp. Menurut tanggapan konsumen mobil ini irit dan bertenaga dan nyaman digunakan sehari-hari. Untuk harga Datsun bekas sendiri saat ini mulai dari Rp 101 juta hingga Rp 118 juta. 

11. Hyundai Grand i10 

mobil-hyundai-grand-i10 Sumber: Liputan6.com

Dimensi mungil dari Hyundai Grand i10 ini jelas memikat perhatian khalayak umum. Hyundai i10 ini dianggap memiliki desain yang futuris dan aerodinamis jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. City Car yang satu ini memang dapat diandalkan dari segi tenaga mesin Kappa 1.25 MPI D-VVT dengan 1248 cc yang dapat menghasilkan tenaga maksimum 86 PS dengan putaran 6.000 rpm. Selain itu, mobil ini tergolong irit untuk 1 liter dapat menempuh jarak hingga 18 km. Mobil Hyundai Grand i10 ini dibandrol dengan harga Rp 176,5 juta hingga Rp 184,5 juta.

12. Renault Kwid

renault-kwid-mobil-eropa-reviewSumber:otomotif.kompas.com

Jika hampir semua mobil yang Anda kenal mengaspal di Indonesia adalah mobil buatan Jepang. Kali ini, Renault Kwid adalah mobil garapan Eropa yang diproduksi di India dan masuk ke Indonesia 2016 lalu. Mobil nampak seperti SUV ini memiliki harga yang terbilang ekonomis untuk model yang menyerupai SUV. Renault Kwid juga meluncurkan produk barunya di tahun 2020 lalu yang dikenal dengan Renault Kwid Climber. 

Perubahan signifikan pada bagian eksterior dan bagian infotainment dalam mobil yang sudah menggunakan sistem touch screen. Menarik bukan? Tenaga dari mesin mobil ini mengandalkan 3 silinder 1.000 cc dengan tenaga 68 ps dan torsi maksimum 91 Nm. Untuk harganya sendiri dibanderol mulai dari Rp 158,9 juta. Semntara pasaran untuk harga bekasnya dimulai dari Rp 100 juta bergantung pada jenis hingga performa mesin kendaraan. 

13. Toyota Agya 

toyota-agya-bekas

Sudah pasti cocok menjadi city car, selain bentuk bodynya yang mungil, Toyota Agya diperlengkapi dengan mesin bertenaga dengan kapasitas 1000 cc. Untuk 1 liter bensin Toyota Agya dapat menempuh jarak hingga 22 km. Ditambah dengan interior yang cukup luas dapat memuat hingga 5 orang di dalamnya.

Toyota sendiri memposisikan Toyota Agya sendiri sebagai mobil yang dimiliki pertama kali oleh anak muda, sehingga dari sisi harga tentunya Agya tampil lebih ekonomis. Tentu sesuai dengan fungsi untuk digunakan dalam daerah perkotaan. Harga dari Toyota Agya ini dimulai dari Rp 150 juta. Sedangkan, mobil bekasnya dimulai dari Rp 135 juta hingga Rp 150 juta. 

14. Hyundai i20

hyundai-i20-mobil-terbaru-city-car

All New Hyundai i20 diperkirakan meluncur bulan Juli 2021 mendatang membuat Hyundai i20 menjadi sangat dinantikan oleh kalangan pemuda dan penggemar City Car. Pasalnya, All-New Hyundai i20 ini dilengkapi lagi dengan perjalanan nyaman dan mulus karena memiliki handling yang kuat dan sistem suspensi yang disempurnakan. 

Mobil hadir dalam 3 rangkaian mesin bensin 1200 cc, diesel 1500 cc hingga bensi 1000 cc. Masing-masing bertenaga dari 80 HP hingga 100 HP. Lebih kerennya, Hyundai i20 ini diperlengkapi juga dengan sunroof listrik. Jadi, menarik bukan? Nantikan review dari Carsome saat peluncurannya tiba, ya! 

15. Mazda 2
mazda-2-mobil-bekas

City car yang satu ini memang tidak mungkin tidak menjadi salah satu idola dalam kalangan anak muda. Mobil Mazda selalu memiliki tampilan dan desain yang elegan, sehingga membuat pengemudinya merasa nyaman dari segi performance!

Sudah tidak diragukan, mobil Mazda 2 ini dieperlengkapi dengan kapasitas mesin 1500 cc dengan tenaga maksimal 106 hp dan torsi maksimal 144 Nm. Mazda dikenal dengan sistem handlingnya yang kuat dan diperlengkapi dengan desain interior yang sangat nyaman untuk sekelas kendaraan city car. Harga mobil bekas Mazda 2 ini berkisar dari Rp 200 juta. Sedangkan untuk mobil barunya, Mazda 2 masih dibandrol mulai dari harga Rp 289 juta. 

Rencana Mau Beli Mobil Baru?

Beli mobil baru untung atau rugi, ya? Pasalnya, ketika membeli mobil baru Anda juga harus wajib memiliki alasan yang jelas mengapa menginginkan mobil baru. Membeli mobil baru bisa menjadi nilai investasi yang baik maupun sebaliknya. Namun, ganti mobil memang tidak masalah jika Anda sudah mempertimbangkan dengan baik fungsi hingga depresiasi harga mobil.

Nah, membeli mobil baru bisa lebih menguntungkan dari segi iuran atau pencicilan jika Anda memberikan DP di harga yang tinggi. Nah, saran dari Carsome adalah jangan lupa menjual mobil lama Anda terlebih dahulu. Setiap tahunnya nilai depresiasi mobil semakin meningkat berdasarkan dengan performa dan umur mesin .

Jadi, pertimbangkan kesempatan menjual mobil Anda dengan mudah dan pencairan dana cepat tidak lebih dari satu hari di Carsome. Tunggu apalagi kunjungi lokasi inspeksi di wilayah terdekat Anda sekarang atau hubungi kami untuk menjual mobil bekas Anda!

Baca juga: 20 Mobil Terbaru 2021 Spesifikasi, Review, dan Kisaran Harganya!

The post 15 Rekomendasi Mobil City Car Terbaik dan Irit 2021 appeared first on Carsome Indonesia.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS