page hit counter

119 Pompa Mobile Dikerahkan Antisipasi Banjir Rob di Jakarta Utara

JAKARTA – Sebanyak 119 pompa mobile dikerahkan untuk mengantisipasi terjadinya banjir rob di Jakarta Utara.

Diketahui, berdasarkan informasi fase bulan purnama yang menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum, berpotensi banjir rob pada pukul 07.00-12.00 WIB selama 14 –20 Januari 2022.

Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Sabdo Kurnianto menuturkan, potensi banjir rob, menurutnya, kemungkinan terjadi di sejumlah wilayah, antara lain Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Kepulauan Seribu.

“BPBD juga telah mengingatkan kepada warga Jakarta agar waspada terhadap banjir pesisir. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut dan memerhatikan peringatan dan cuaca maritim dari BMKG,” ungkap Sabdo di Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Baca Juga : BPBD DKI Ungkap Penyebab Banjir Jakarta Hujan Ekstrem dan Rob

Sementara itu, Dudi Gardesi, Sekretaris Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta, menuturkan bahwa genangan-genangan yang masih ada di beberapa titik sedang ditangani oleh personel gabungan Pemprov DKI yang ditargetkan akan surut dalam waktu cepat.

“Ada 448 personel yang dikerahkan dan 119 pompa mobile yang digunakan dalam penanganan banjir pada 18 Januari. Sebagai tindak lanjut, kami juga terus memantau perkembangan genangan/banjir dan tinggi muka air di pintu-pintu air,” kata Dudi.

Source: RCTI+

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS