page hit counter
100 Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan HUT ke-76 RI dan kata-kata bijak

100 Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan HUT ke-76 RI dan kata-kata bijak

Ilustrasi Hari Kemerdekaan HUT ke-76 RI, 17 Agustus. Foto: Antara

Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 RI bisa jadi salah satu cara yang kamu lakukan untuk meramaikan peristiwa atau momen di tanggal 17 Agustus.

Momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sendiri ditandai dengan adanya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 tahun Masehi, atau tanggal 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang.

Naskah Proklamasi. Foto: Ist
Naskah Proklamasi. Foto: Ist | Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan HUT ke-76 RI, lengkap kata-kata bijak

Dalam peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia itu, proklamasi yang dibacakan oleh Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta bertempat di sebuah rumah hibah dari Faradj bin Said bin Awadh Martak di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Pusat.

Kemerdekaan Republik Indonesia memang memiliki arti penting bagi kehidupan suatu rakyatnya.

Mengingat momen Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 tidak didapatkan dengan cara yang mudah. Bahkan untuk mendapat pengakuan dari negara lain atas kemerdekaan Indonesia juga ditempuh dengan usaha dan jalan yang rumit.

Ilustrasi peringatan Hari Kemerdekaan HUT ke-76 RI, 17 Agustus. Foto: Antara
Ilustrasi peringatan Hari Kemerdekaan HUT ke-76 RI, 17 Agustus. Foto: Antara | Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan HUT ke-76 RI dan kata-kata bijak

Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan HUT ke-76 RI dan kata-kata bijak merupakan pernyataan yang tepat diungkapkan dalam momen hari kemerdekaan ini.

Biar jiwa kemerdekaan Republik Indonesia semakin terasa, yuk simak berikut 100 Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan HUT ke-76 RI yang dikutip dari berbagai sumber:

  1. Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan ke-76 RI.
  2. Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa.
  3. Kemerdekaan melawan penjajah memang telah usai, tapi perjuangan melawan ketidakpedulian dari diri sendiri masih berlanjut. Dirgahayu ke-76 Indonesiaku.
  4. Hari ini adalah hari dimana kita menghormati bangsa kita yang indah.
  5. Kita telah melakukan banyak hal untuk membangun budaya dan warisan kita sendiri, jadi mari kita rayakan hari ini.
  6. Semoga Hari Kemerdekaan ke-76 RI ini istimewa untuk Anda dan orang yang Anda cintai.
  7. Suara-suara tak bisa dipenjarakan, di sana bersemayam kemerdekaan. Apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan.
  8. Perjuangan melawan Covid-19 belum usai. Semoga dengan perayaan Hari Kemerdekaan ke-76 RI nanti masyarakat bisa semakin kuat dan Indonesia semakin jaya!
  9. Hargailah hasil dari perjuangan orang-orang sebelum kita demi masa depan anak cucu kita. Selamat HUT ke-76 RI. Merdeka!
  10. Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta, luka di sana, ada tempat berpetualang dan pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal
    lelah. Dirgahayu, Indonesiaku!
  11. Semangat persatuan terus dikobarkan, 76 tahun Indonesia merdeka semoga jadi momentum kebangkitan kita semua! Dirgahayu Indonesiaku!
  12. Stop diskriminasi di Indonesia! Mari rapatkan barisan, bersama menuju Indonesia lebih baik! Mari rayakan HUT ke-76 RI dengan semangat kebersamaan dan kebhinekaan!
  13. Perbedaan membuat kita kuat. Selama kita selalu bersatu, hambatan akan jadi tantangan yang bisa ditaklukkan! Bersatu untuk Indonesia, dirgahayu ke-76 Indonesiaku!
  14. . Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya. Salam Merdeka!
  15. Mari kita angkat tangan dan rayakan hari ini. Mari kita berdiri tegak untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang-orang hebat yang mati demi kemerdekaan kita. Dirgahayu Indonesia ke-76!
  16. Semoga Hari Kemerdekaan ke-76 RI ini istimewa untuk Anda dan orang yang Anda cintai.
  17. Mari membuat keputusan yang kuat untuk menghargai bangsa kita tercinta. Sekarang giliran kita untuk mereformasi negara. Selamat Hari Kemerdekaan!
  18. Semoga Anda bisa merasakan kebanggaan menjadi bagian dari bangsa yang mulia ini. Semoga Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia ini benar-benar berkesan untuk Anda.
  19. “Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar, walau panasnya peluru menembus tubuh.”
  20. “Berjuanglah terus dengan mengucurkan banyak-banyak keringat. Semangat 45, Dirgahayu Indonesiaku.”
  21. “Kini kita dapat tertawa puas. Menggapai mimpi dengan bebas. Asal rajin dan tak malas. Melanjutkan kemerdekaan dengan tegas.”
  22. “Jasa pahlawan, jasa penuh kenangan. Jasa yang tak akan mampu dibeli dengan harta, jasa yang punya tujuan ‘Merdeka atau Mati’. Saudaraku, mari kita bangkit bersama. Membangun negeri tercinta.”
  23. “Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia.”
  24. . Masa depan tergantung pada apa yang Anda lakukan hari ini! Selamat Hari Kemerdekaan 17 Agustus!
  25. Mari kita berdiri tegak untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang-orang hebat yang mati demi kemerdekaan kita. Selamat HUT RI Ke-76.
  26. Kembali bangun dan kejarlah prestasi pemuda dan pemudi Indonesia! Mari bangun semangat perjuangan di momen HUT ke-76 RI!
  27. Selamat ulang tahun Indonesiaku yang ke-76! Semoga jadi bangsa besar dan terus tumbuh!
  28. Kemerdekaan hanya bisa dimiliki bangsa yang besar jiwanya, berkobar semangatnya. Ayo Indonesiaku, bangkit bersama dengan perayaan hari jadi ke-76!
  29. Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya. Selamat HUT RI ke-76.”
  30. “Hargailah hasil dari perjuangan orang-orang sebelum kita demi masa depan anak cucu kita. Selamat hari kemerdekaan Indonesia.”
  31. “Perjuangan kita belum selesai selama masih banyak masyarakat yang tidak sejahtera. Mari lanjutkan perjuangan para pahlawan. Merdeka!”
  32. “Indonesia akan terlihat indah jika kita tetap bersama untuk saling menolong. Perbedaan bukanlah halangan, melainkan jembatan untuk bersatu!”
  33. Semangat keterbukaan harus dibarengi dengan dukungan semua pihak! Bangkitkan kebebasan berpendapat yang bertanggung jawab, di momen Hari Kemerdekaan ke-76 RI!
  34. Kembali kobarkan semangat kemerdekaan menyambut HUT ke-76 RI! Dirgahayu Indonesiaku, bangkit bersama rakyat dan kembali jadi Macan Asia!
  35. Mari kita angkat tangan dan rayakan hari ini. Selamat Hari Kemerdekaan RI ke-76.
  36. Selamat Hari Kemerdekaan RI yang ke-76, semoga Indonesia makin maju, makin kuat, dan makin sejahtera rakyatnya!
  37. Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta, dan luka di sana. Ada tempat bertualang dan tempat pulang. Ada saya dan kamu yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu Indonesiaku!
  38. Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang lebih keras. Selamat ulang tahun ke-76 untuk rakyat Indonesia.
  39. Mari kita ingat semua pahlawan masa lalu yang berjuang untuk kemerdekaan dan persatuan kita. Dirgahayu Republik Indonesia.
  40. Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya. Selamat HUT RI, sahabatku.
  41. “Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya. Merdeka!”
  42. “Mari kita ingat semua pahlawan, masa lalu yang berjuang untuk kemerdekaan dan persatuan kita.”
  43. “Sekali merdeka, tetap merdeka! Jika kita merasa telah merdeka maka seharusnya perasaan lemah dan tak berdaya tidak lagi bercokol dalam diri kita. Dirgahayu ke-76 Republik Indonesia.”
  44. “Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia.”
  45. “Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya, MERDEKA.”
  46. “Perjuangan bangsa indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir . Mari kita perjuangkan bersama indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia.”
  47. “Ingat Indonesia bukan hanya Jakarta atau kota besar lainnya. Mereka akan tetap ada dari Sabang hingga Merauke menjadi satu yaitu Indonesia Merdeka.”
  48. “Merah darah pahlawan tertumpah di tanah ibu pertiwi, putih tulang para pejuang tertanam dalam tanah air Indonesia tercinta. Di sini aku terlahir, di sini pula aku tiada.”
  49. “Hidup ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, maka bersungguh-sungguhlah dalam berjuang. Merdeka!”
  50. Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia.
  51. “Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa.”
  52. “Mari kita ingat semua pahlawan masa lalu yang berjuang untuk kemerdekaan dan persatuan kita. Dirgahayu Republik Indonesia.”
  53. “Apakah kelemahan kita: kelemahan kita ialah kurang percaya diri sebagai bangsa sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang memercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah rakyat gotong royong. Semangat hari Kemerdekaan!”
  54. “Hargailah hasil dari perjuangan orang-orang sebelum kita demi masa depan anak cucu kita. Selamat hari kemerdekaan Indonesia.”
  55. “Jadikan perbedaan sebagai sebuah keunikan dalam berbangsa dan bernegara agar terlihat indah dengan banyaknya warna, dan janganlah menjadikan sebuah perbedaan sebagai kesombongan akan rasa paling benar dalam berpikir dan bertindak karena perbedaanlah yang mengakibatkan perpecahan yang membuat bangsa dan negara melemah. Merdeka!”
  56. Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia.
  57. Merah darah pahlawan tertumpah di tanah ibu pertiwi, putih tulang para pejuang tertanam dalam tanah air Indonesia tercinta. Di sini kita terlahir, di sini pula kita tiada. Dirgahayu Republik Indonesia!
  58. Puncak kemerdekaan adalah pengetahuan tentang batas. Selamat HUT RI ke-76, sahabatku!
  59. Nasib bangsa kita tak akan berubah jika kita tak mengubahnya. Mari sama-sama berjuang. Memperbaiki diri agar bermanfaat untuk negeri. Selamat HUT ke-76!
  60. Selalu jaga semangat patriotisme bersinar dalam dirimu, kawan. Banggalah menjadi Indonesia. Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia!
  61. Hari Kemerdekaan mengingatkan kita untuk setia dan jujur untuk bangsa kita dan melayani dengan sepenuh hati. Dirgahayu HUT RI ke 76.
  62. Kita bukan burung dan tidak ada jaring yang menjerat kita. Kita adalah manusia bebas dengan kehendak bebas. Dirgahayu HUT RI ke 76!
  63. Kita harus bebas bukan karena kita mengklaim kebebasan, tetapi karena kita mempraktikkannya. Dirgahayu HUT RI ke 76. Merdeka! Merdeka! Merdeka!
  64. Saya lebih suka kebebasan dengan bahaya daripada perdamaian dengan perbudakan. Saya harap kamu mendapatkan kemerdekaan yang layak, sahabatku. Dirgahayu Republik Indonesia!
  65. Stop diskriminasi di Indonesia! Mari rapatkan barisan, bersama menuju Indonesia lebih baik! Mari rayakan HUT RI ke-76 dengan semangat kebersamaan dan kebhinnekaan!
  66. Majukan negeri dengan putra-putri sendiri! Dirgahayu Indonesiaku, semoga jadi bangsa yang semakin dewasa!
  67. Selamat menyambut Hari kemerdekaan ke-76, dirgahayu Indonesia, semoga kamu dan aku bisa saling melengkapi satu sama lain!
  68. “Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan.”
  69. “Suara-suara tak bisa dipenjarakan, di sana bersemayam kemerdekaan. Apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan.” – Wiji Thukul
  70. “Seribu orang tua hanya dapat bermimpi. Satu orang pemuda dapat mengubah dunia. Merdeka!”
  71. “Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang lebih keras. Selamat ulang tahun ke-76 untuk rakyat Indonesia.”
  72. “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu lebih susah karena melawan bangsamu sendiri. Dirgahayu Republik Indonesia!”
  73. “Selain terbebas dari penjajahan, kemerdekaan bangsa Indonesia adalah perayaan dari perbedaan yang disatukan.”
  74. “Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta, luka di sana, ada tempat berpetualang dan pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku!”
  75. “Darahmu tumpah di tanah pusaka. Jiwamu mengawal tegaknya Indonesia. Engkau pahlawanku. Engkau kusuma negaraku. Selamat hari Kemerdekaan bangsa Indonesia.”
  76. “Tetaplah menjadi satu. Jangan sampai ingin terpecah. Gapai angan dan citamu di masa depan yang cerah. Raih prestasi terbaikmu dan buat bangsa ini bangga. Selamat hari kemerdekaan.”
  77. “Kobarkan semangat, lumpuhkan rasa takut, dan mulailah bergerak menuju sebuah tujuan untuk terciptanya sebuah kemerdekaan.”
  78. “Masih ada setitik harapan, mimpi yang kita jaga. Masih ada cita-cita yang bisa kita bagikan. Kemerdekaan bukan sekadar ritual belaka, tetapi ajang membangun bangsa.”
  79. “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu lebih susah karena melawan bangsamu sendiri. Dirgahayu Republik Indonesia!”
  80. “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.”
  81. “Seribu orang tua hanya dapat bermimpi. Satu orang pemuda dapat mengubah dunia. Merdeka.”
  82. “Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang lebih keras. Selamat ulang tahun ke-76 untuk rakyat Indonesia.”
  83. “Suara-suara tak bisa dipenjarakan, di sana bersemayam kemerdekaan. Apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan.”
  84. “Kemerdekaan melawan penjajah memang telah usai, tapi perjuangan melawan ketidakpedulian dari diri sendiri masih berlanjut. Dirgahayu Indonesiaku.”
  85. “Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta, luka di sana, ada tempat berpetualang dan pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku!”
  86. “Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa.”
  87. “Masih ada setitik harapan, mimpi yang kita jaga. Masih ada cita-cita yang bisa kita bagikan. Kemerdekaan bukan sekadar ritual belaka, tetapi ajang membangun bangsa.”
  88. “Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan.”
  89. “Selain terbebas dari penjajahan, kemerdekaan bangsa Indonesia adalah perayaan dari perbedaan yang disatukan.”
  90. “Jangan membuat perbedaan manjadi alasan untuk bertengkar dan melemahkan rasa kasih sayang kita. Jadikanlah itu sebagai kekuatan. Hari ulang tahun ke-76 Republik Indonesia.”
  91. “Sanggup mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan negara Republik Indonesia, yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, sampai titik darah penghabisan.” – Jenderal Soedirman
  92. “Tuan boleh kata muslim itu fanatik, tapi tuan juga harus dengar kata hati tuan bahwa itu adalah modal besar bagi kemerdekaan Indonesia. Untuk tuan tahu, itu bukanlah fanatik, itu adalah gairah.” – Buya Hamka
  93. “Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan.” – Sutan Syahrir
  94. “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” – Ir Soekarno
  95. “Selain terbebas dari penjajahan, kemerdekaan bangsa Indonesia adalah perayaan dari perbedaan yang disatukan.”
  96. “Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta, luka di sana, ada tempat berpetualang dan pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku!”
  97. “Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa.”
  98. “Benar atau salah negeriku, lebih-lebih kalau kita tahu negara kita dalam keadaan bobrok, maka justru saat itu pula kita wajib memperbaikinya.” – Prof Dr R Soeharso
  99. “Jangan mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segitiga warna, selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk, pekerjaan kita belum selesai! Berjuanglah terus dengan mengucurkan banyak-banyak keringat. Dirgahayu RI.” – Soekarno
  100. “Nasib bangsa tidak akan berubah jika kita tak mengubahnya. Mari sama-sama berjuang. Memperbaiki diri agar bermanfaat untuk negeri. Sekali merdeka tetap merdeka!
  101. “Masih ada setitik harapan, mimpi yang kita jaga. Masih ada cita-cita yang bisa kita bagikan. Kemerdekaan bukan sekadar ritual belaka, tetapi ajang membangun bangsa.”
  102. 15. “Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya. Merdeka!”
  103. 16. “Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan.”

Nah itulah berbagai ucapan Selamat Hari Kemerdekaan HUT ke-76 RI, lengkap kata-kata bijak. Yuk kita semarakan Hari Kemerdekaan HUT ke-76 RI ini. “SEKALI MERDEKA, TETAP MERDEKA!

Pengibaran pertama Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih. Foto: Wikipedia
Pengibaran pertama Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih. Foto: Wikipedia | Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan HUT ke-76 RI dan kata-kata bijak

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS