page hit counter

1.920.245 Orang Sudah Divaksin Corona Dosis 2 di Jakarta

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih terus gencarkan upaya pengendalian pandemi Covid-19. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan saat ini proses vaksinasi juga masih terus berlangsung.

Di mana saat ini, total dosis 1 saat ini sebanyak 4.365.649 orang (49,5%), dengan jumlah yang divaksin dosis per hari ini sebanyak 132.687 orang. Sedangkan total dosis 2 kini mencapai 1.920.245 orang (21,8%), dengan jumlah yang divaksin dosis 2 hari ini sebanyak 2.583 orang.

Seiring dengan strategi tes, lacak, dan isolasi, vaksinasi Covid-19 juga digencarkan pada warga Jakarta usia >18 tahun untuk meminimalisir penyebaran dan dampak virus Covid-19.

Capaian vaksinasi untuk warga usia 18-59 tahun, untuk dosis 1 telah dilakukan sebanyak 47,6% dan vaksinasi dosis 2 sebanyak 17,5%. Sedangkan, pada kelompok lansia, vaksinasi dosis 1 telah dilakukan sebanyak 65,8% dan vaksinasi dosis 2 sebanyak 58,7%.

Sementara vaksinasi gotong royong, untuk dosis 1 telah diberikan kepada 83.416 orang dan dosis 2 sebanyak 26.606 orang.

Anies memaparkan bahwa masyarakat perlu tahu vaksinasi Covid-19 saat ini hanya meminimalisir dampak keterpaparan dan masih terdapat kemungkinan tertular dan menularkan virus Covid-19 jika longgar terhadap protokol kesehatan dalam keseharian.

“Pasalnya, kasus positif yang masih fluktuatif dan kini mengalami kenaikan. Butuh kerja bersama untuk memutus rantai penularan ini,” tulis Anies sebagaimana dikutip dari laman resmi PPID DKI Jakarta (30/6/2021).

Anies mengimbau untuk melakukan vaksinasi, warga dapat langsung ke lokasi. Namun, untuk mempercepat proses vaksinasi, warga disarankan mendaftar online melalui aplikasi JAKI atau situs corona.jakarta.go.id/vaksinasi.

Dengan mendaftar secara online, warga dapat memilih waktu dan tempat vaksinasi sendiri, sekaligus bisa melakukan pre-screening tes online.

Untuk menemukan tempat vaksinasi, warga juga mengeceknya melalui aplikasi google maps. Hanya dengan menuliskan “vaksin Covid-19”, warga dapat menemukan lokasi serta dibantu informasi jalur menemukan lokasi yang dipilih.

Baca Juga : Covid-19 Menggila, TNI AL Buka Gerai Vaksin di Wilayah Pesisir

Adapun kategori warga 18+ yang dapat divaksinasi di DKI Jakarta adalah:

– Warga ber-KTP DKI Jakarta,

– Warga ber-KTP dari luar DKI Jakarta, tetapi berdomisili di DKI Jakarta (membawa keterangan domisili diperoleh dari petugas RT, tidak harus dari ketua RT),

– Pekerja di DKI Jakarta yang ber-KTP dari luar DKI Jakarta (membawa keterangan dari tempat kerja).

Source: RCTI+

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS